Bidik Pasar Eropa, Garuda Indonesia Sponsori Klub Liverpool

NERACA

Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) telah menandatangani kerjasama sponsorship dengan The Liverpool Football Club. Melalui penandatanganan itu, Garuda Indonesia secara resmi menjalin kerjasama marketing dan sponsorship agreement dengan klub besar asal Inggris tersebut.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (11/7). Disebutkan, melalui perjanjian itu, Garuda Indonesia diberikan hak untuk menjadi “Official Partner of Liverpool Football Club” dan “Official Global Airline Partner of Liverpool Football Club.

Garuda selaku maskapai plat merah Indonesia, punya banyak harapan dengan kerja sama strategis tersebut. Salah satunya memperkenalkan brand maskapai penerbangan ke luar negeri, khususnya Eropa. "Kita ingin brand Garuda di market luar lebih kuat. Sekarang kalau melihat Garuda dilihat harganya. Kalau brand di dalam negeri kan sudah, orang tidak lagi lihat harga,"kata Direktur Pemasaran Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan, di Jakarta, Rabu.

Kemudian, lanjut Elisa, penawaran menjadi official airline partner tidak hanya datang dari Liverpool. Tercatat ia memperoleh hal yang sama dari klub-klub sepakbola lain di Liga Eropa. Namun Elisa enggan menyebut masing-masing klub tersebut.

Elisa mengungkapkan alasan Garuda memilih Liverpool adalah karena murahnya biaya penawaran. "Dari penawaran yang ada, ini yang paling murah biayanya. Namun saya tidak sebut berapa. Liverpool juga frekuensi pertandingannya pun di home base, baik siaran live atau reply, jauh lebih banyak," jelasnya.

Dari kerja sama ini, membuat wajah Garuda akan sering muncul di Anfield, kandang "The Reds”. Iklan Garuda berdurasi enam menit akan tayang di stadion tersebut selama satu putaran Premier League. "Kita dapat slot 6 menit dari total pertandingan 90 menit," ujar Elisa.

Menurut Elisa, ongkos iklan ini bahkan lebih murah dibandingkan ongkos iklan di tv manapun, luar atau dalam negeri. "Ini dari sisi pemasaran jauh lebih murah dari pada iklan di TV manapun," tuturnya.

Seperti diketahui Liverpool FC adalah salah satu klub besra sepak bola yang bermain di Liga Premier Inggris atau Barclays Premier League (BPL). Klub ini telah 18 kali menjuarai Liga Inggris dan lima kali juara Liga Champions Eropa.

Nama Garuda Indonesia juga sempat muncul di dinding iklan stadion Wembley di Kota London, Inggris. Saat itu, perseroan dengan slogan Airline of Indonesia muncul saat pertandingan persahabatan antara tim nasional Inggris melawan Belgia jelang kejuaraan Euro 2012 yang digelar di Polandia dan Ukraina.

Sebelumnya, perusahaan asal Indonesia yang telah mensponsori klub sepak bola Inggris adalah PT Bank BNI Tbk (BBNI). Chelsea FC, secara resmi mengikat kontrak sponsor dengan BNI Maret lalu untuk kontrak dengan jangka waktu empat tahun. Menurut situs resmi Chelsea FC, ini adalah kali pertama klub yang berbasis di kota London itu disponsori sebuah bank dari daratan Asia. Selain itu, ada PT Bank Danamon Tbk sebagai sponsor klub Manchester United. (didi)

BERITA TERKAIT

Vivotek Anggap Pasar Indonesia Penting

      NERACA   Jakarta - Indonesia akan menggelar Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018…

Kapitalisasi Pasar Sepekan Tekoreksi 1,19%

NERACA Jakarta – Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) sepekan ini mengalami peningkatan sebesar 1,16% pada posisi 6.077,17 dari 6.007,54…

OJK Targetkan Capai Rp 250 Triliun di 2018 - Pendanaan di Pasar Modal

NERACA Jakarta – Geliat transaksi saham di pasar modal seiring dengan pesatnya pertumbuhan investor dan jumlah emiten, menjadi keyakinan Otoritas…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Hasnur Group Bina Juara Dunia Karate

NERACA Jakarta - Keinginan Fauzan, karateka asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang belum lama ini berhasil memenangi Kejuaraan Dunia Karate Tradisional…

BNI Terbitkan MTN Subordinasi Rp 100 Miliar

NERACA Jakarta - Perkuat likuiditas dalam rangka rangka mendanai ekspansi bisnis, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) pada tanggal 10…

ADHI Kantungi Kontrak Baru Rp 7,45 Triliun

NERACA Jakarta — Sampai dengan Juli 2018, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mengantongi kontrak baru Rp7,45 triliun dengan kontribusi…