22 Tahun Koperasi Astra

Serahkan 14.211 Beasiswa

Sabtu, 14/07/2012

NERACA

Melalui Koperasi Astra, PT Astra International Tbk (Astra) menyerahkan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada 2.555 siswa sebagai perwujudan dari tanggung jawab sosial di bidang pendidikan.

"Beasiswa ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program kesejahteraan Koperasi Astra yang diperuntukkan bagi anak anggota Koperasi Karyawan Astra dengan kualifikasi persyaratan, golongan 1 sampai dengan 3, di samping itu orang tuanya sebagai anggota koperasi serta anaknya sama-sama berprestasi," tutur Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Program beasiswa ini sudah dijalankan oleh Koperasi Astra sejak tahun 2001 dan hingga tahun 2012 ini. Koperasi Astra telah menyalurkan dana beasiswa kepada 14.211 anak dengan total dana lebih dari Rp 19,3 miliar untuk jenjang pendidikan SD (sebanyak 7.057 anak), SMP (3.253 anak), SMU (2.435 anak) dan Akademi/Perguruan Tinggi sebanyak 1.466 anak.

Berdasarkan seleksi, penerima beasiswa Koperasi Astra Tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 2.555 siswa meningkat 11,2% dibanding penerima beasiswa tahun lalu yaitu 2.296 siswa. Jumlah dana yang disalurkan sebesar Rp 4.011.600.000, atau meningkat 18,1% dari dana beasiswa yang disalurkan tahun lalu yang sebesar Rp 3.396.480.000.

"Kami berharap dengan adanya program beasiswa ini akan dapat memotivasi para siswa/siswi dalam meraih cita-cita untuk prestasi yang gemilang dan menciptakan putra-putri Bangsa yang berkualitas," tambah Prijono Sugiarto.

Beasiswa dengan total 14.211 yang diserahkan tersebut dilakukan langsung secara simbolis oleh Prijono Sugiarto selaku Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Di Astra sendiri karyawan digolongkan pada 7 tingkatan, di mulai dari golongan 1 hingga golongan 7, di mana untuk manager level adalah pada golongan 5 dan demikian seterusnya.

Koperasi Astra yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk didirikan pada tanggal 25 Juni 1990 dan tahun ini menginjak usia 22 tahun. Sebagai Koperasi Primer berskala Nasional saat ini Koperasi Astra bergerak di berbagai bidang antara lain simpan pinjam, fasilitasi kepemilikan rumah karyawan serta investasi di beberapa bidang usaha.

Penghargaan

Sebelumnya, pada puncak acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) IX Jakarta Utara di Stadion Bola Rawa Badak Selatan, Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono memberi penghargaan kepada PT. Astra International, Tbk di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterima oleh Arief Istanto (Chief of Environment and Social Responsibility PT. Astra International, Tbk)

Penghargaan tersebut diberikan atas program CSR yang telah dilakukan Astra di Wilayah Jakarta Utara selama ini sangat membantu di wilayah ini antara lain dikategorikan dalam 4 bidang yaitu, Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan dan Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Di bidang Lingkungan, Astra menanam 55.000 Pohon Bakau di wilayah Angke. Di bidang Kesehatan, Astra memiliki program Mobil Kesehatan Astra (MOKESA) yang memberi pengobatan gratis bagi warga kurang mampu.

Sedangkan di bidang Pendidikan, Astra telah membina SDN 05/06 Sungai Bambu sampai meraih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2012 dan pembangunan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Lalu di bidang Pemberdayaan UKM, telah dibina lebih dari 80 orang di 3 Kelurahan dalam pengembangan berbagai bidang usaha di antaranya, pembuatan kain majun, pengolahan dan penjualan makanan kecil dan pembuatan kerajinan tangan dan pembuatan sabun.