Omzet Waralaba Tembus Rp114 Triliun - Realisasi Semester I-2012

NERACA

Jakarta - Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin Indonesia, mengatakan fundamental ekonomi yang cukup kuat selama 6 bulan pertama 2012 menopang pertumbuhan waralaba.

"Secara konservatif, kami memprediksikan omzet waralaba tahun ini hampir sama dibandingkan dengan 2012. Per semester 1, realisasinya diperkirakan sudah mencapai 50%," katanya di Jakarta, Senin (9/7).

Dia memperkirakan omzet franchise per semester 1/2012 telah mencapai 50% dari realisasi tahun lalu sebesar Rp114 triliun. Amir mengatakan pertumbuhan waralaba paling signifikan terjadi pada bidang usaha makanan dan kuliner lainnya.Selama periode libur sekolah, lanjutnya, penjualan produk makanan dan minuman mengalami peningkatan cukup tinggi.

Menurut dia, pertumbuhan omzet terjadi secara merata, baik untuk waralaba asing maupun lokal. "Berdasarkan pemantauan kami, waralaba lokal menunjukkan perkembangan positif, terlihat dari banyaknya laporan tentang pertumbuhan bisnis yang dijalankan," paparnya.

Amir mengatakan momentum pertumbuhan omzet juga akan terjadi pada periode Ramadan-Idul Fitri. Pada masa itu, lanjutnya, konsumsi masyarakat selalu meningkat dibandingkan kondisi normal. "Konsumsi masyarakat menjelang Lebaran biasanya cukup besar. Waralaba lokal punya kesempatan lagi untuk mengatrol pertumbuhan bisnis," ujarnya.

Di sisi lain, Amir mengatakan ekspansi waralaba asing mungkin akan sedikit mengendur sambil menunggu revisi Peraturan Menteri Perdagangan terkait franchise. Namun begitu, lanjutnya, minat asing untuk memperluas bisnis waralaba di Tanah Air masih terhitung bagus.

Sementara itu, Evi Diah Puspitawati, Associate Counsultant Internasional Franchise Business Management, mengatakan stabilitas politik dan ekonomi menjadi kunci pertumbuhan waralaba secara nasional. "Selama semester 1/2012 bisnis waralaba berjalan bagus, terlihat dari adanya ekspansi jaringan dan bermunculannya pemain baru," katanya.

Berdasarkan catatan IFBM, empat jenis usaha waralaba yang berkembang cukup baik ialah kuliner, pendidikan, otomotif, dan biro perjalanan wisata. Menurut dia, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih jadi kawasan penyumbang terbesar bagi pertumbuhan waralaba. "Namun ada juga beberapa waralaba yang awalnya muncul dari tingkat kabupaten, kemudian ekspansi dengan membuka jaringan di Jakarta," katanya.

Evi juga mengatakan stabilitas politik dan ekonomi menjadi kunci pertumbuhan waralaba secara nasional. "Selama semester 1/2012 bisnis waralaba berjalan bagus, terlihat dari adanya ekspansi jaringan dan bermunculannya pemain baru," katanya.

Berdasarkan catatan IFBM, empat jenis usaha waralaba yang berkembang cukup baik ialah kuliner, pendidikan, otomotif, dan biro perjalanan wisata. Menurutnya, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih jadi kawasan penyumbang terbesar bagi pertumbuhan waralaba. "Namun ada juga beberapa waralaba yang awalnya muncul dari tingkat kabupaten, kemudian ekspansi dengan membuka jaringan di Jakarta," katanya.

BERITA TERKAIT

Pertama di Asia, BEI Raih ISO 22301:2012

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi bursa efek pertama di Asia Pasifik dan yang kedua di dunia yang berhasil mendapatkan…

Multi Bintang Bagikan Dividen Rp 1,32 Triliun

NERACA Jakarta - Masih tumbuh positifnya industri pariwisata memberikan dampak berarti terhadap penjualan PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) sebagai…

Indosat Anggarkan Capex Rp 8 Triliun - Perluas Jaringan Ke Luar Jawa

NERACA Bandar Lampung- Perluas jaringan ke luar pulau Jawa, PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo menganggarkan belanja modal atau…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Kemenperin Terus Pacu Industri Fesyen Muslim Nasional Jadi Kiblat Dunia

NERACA Jakarta – Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih mengatakan industri busana muslim terus merangkak naik seiring…

Kemenperin: Batam Berpotensi Jadi Pusat Klaster Industri Elektronik

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian mendorong Batam menjadi pusat pengembangan klaster industri elektronik yang bernilai tambah tinggi. Upaya ini untuk…

Tingkatkan Ekspor - Difasilitasi, 8 IKM Fesyen Ikut Pameran di Jepang

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian terus berupaya memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di kancah internasional melalui pameran produk industri kecil dan…