BNI Gelar "Peduli CilIwung Bersih"

Senin, 09/07/2012

NERACA

Jakarta---Bank Negara Indonesia berupaya meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan hidup, termasuk kepedulianya pada Sungai Ciliwung. “Apabila masyarakat bisa merawat Ciliwung dengan baik, maka bukan hal yang mustahil jika sungai ini bisa menjadi eco-wisata, yaitu wisata yang berbasis pada lingkungan," kata Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo di sela-sela acara memperingati hari ulang tahun ke-66, dengan thema "Peduli Ciliwung Bersih" bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono, Minggu.

Acara yang menjadi bagian dari tema BNI Go Green ini berupa serangkaian kegiatan di antaranya penanaman pohon di sekitar bantaran sungai, rehabilitasi bantaran sungai, pembersihan dan pengolahan sampah, serta mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap pelestarian sungai Ciliwung.

Acara dipusatkan di Markas Kopassus, Cijantung, dengan kegiatan menyusuri sungai menggunakan perahu karet bersama Ibu Ani Yudhoyono, istri Wakil Presiden Ibu Herawati Boediono serta jajaran direksi BNI. "Program ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kualitas lingkungan, yang terfokus pada program "Peduli Ciliwung Bersih".

Selain itu, kata Gatot, kegiatan ini juga menjadi bagian dari tanggung jawab kemasyarakatan BNI. Bahkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya BNI dalam mengedukasi masyarakat yang tinggal di lingkungan Ciliwung.

Program "Peduli Ciliwung Bersih" merupakan program berkesinambungan. Tahap pertama pada bulan Juni hingga Agustus 2012, program berfokus pada penggalian sungai Ciliwung di sekitar Cijantung sepanjang 7 kilometer. Pada tahap ini, BNI bekerja sama dengan Kopassus dan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB). *cahyo