Jelang Puasa dan Lebaran, XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan

NERACA

Jakarta- Emiten operator seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dibanding kondisi hari biasa. Pasalnya perseroan memprediksi terjadi peningkatan lalu lintas selama puasa dan Lebaran antara 20–30% dibanding hari normal.

“Kita bisa handle dua kali lipat traffic data dari saat ini. Sedangkan, untuk voice dan SMS juga bisa menampung tiga kali lipat. Secara waktu, masih cukup hingga Lebaran,“ kata Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi di Jakarta akhir pekan kemarin.

Tahun ini lalu lintas untuk percakapan mencapai 600 juta menit per hari, pesan singkat (short message service/SMS) sebanyak 660 juta per hari dan data sebesar 52 terabit setiap hari. Dengan prediksi peningkatan 20–30% selama puasa dan Lebaran, maka lalu lintas untuk percakapan akan meningkat menjadi antara 720–780 juta menit per hari, SMS menjadi 792–858 juta SMS per hari, dan data antara 62,4–67,6 terabit setiap harinya.

Sementara, tingkat utilisasi lalu lintas untuk percakapan dan pesan singkat rata-rata 30–40% dari kapasitas existing dan data rata-rata 50–60% dari kapasitas yang telah ada.Kondisi lalu lintas tahun ini dibanding tahun lalu lebih tinggi. Tercatat, lalu lintas percakapan pada 2011 sebesar 530 juta menit, pesan singkat 630 juta SMS,dan data 33 terabit per hari.

Selain meningkatkan kapasitas untuk mengatasi lonjakan lalu lintas, imbuh Hasnul, layanan seluler, baik percakapan, pesan singkat, maupun data selama puasa dan Lebaran juga dilakukan uji jaringan di sejumlah daerah yang diperkirakan akan mengalami lonjakan.

Uji sinyal mulai dilakukan kemarin hingga hari ini di sejumlah wilayah, seperti Bandung, Semarang,Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar.

Sementara untuk layanan BlackBerry, perseroan meningkatkan kapasitas bandwidth secara langsung ke RIM menjadi 6 Gbps guna menjamin kenyamanan pelanggan. Selain itu, untuk layanan akses internet dan data, XL menyediakan layanan HotRod 3G+ di 22 area di Indonesia. Kota yang sudah terlayani HotRod 3G+ adalah Jakarta, Semarang, Bekasi, dan Banjarmasin.

Untuk memberikan layanan yang berkualitas, XL akan terus meningkatkan jumlah base tranceiver station (BTS) 3G.Per akhir Juni 2012,jumlah BTS yang dimiliki perseroan mencapai 33.000 unit, terdiri atas 24.000 BTS 2G dan sisanya 9.000 BTS 3G.

Selain itu, perseroan memiliki jaringan backbone fiber optik yang membentang di sepanjang Pulau Jawa, Sumatera,Batam,Kalimantan, dan Sulawesi melalui jaringan kabel bawah laut. Adapun, jumlah pelanggan XL hingga saat ini tercatat sebanyak 46,4 juta pelanggan.

Sementara, target jumlah pelanggan sampai akhir tahun ini dipatok antara 50–51 juta. VP Channel Operations XL Axiata Habib Mustain sebelumnya menuturkan, XL berharap jumlah pelanggan baru selama puasa dan Lebaran bertambah sebanyak 1,2 juta melalui penjualan kartu perdana prabayar XL Xensasi. Adapun, jumlah kartu perdana yang dilepas perseroan sebanyak 4 juta kartu di 2.500 gerai ritel. (didi)

Related posts