Pefindo Beri Peringkat BB+ Untuk Global Mediacom

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan peringkat A+ untuk PT Global Mediacom Tbk (BMTR). Peringkat tersebut juga untuk rencana obligasi I/2012 sebesar Rp1,25 triliun.

Informasi tersebut disampaikan dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (5/7). Dijelaskan, dengan peringkat tersebut maka Global Mediacom dinilai stabil. Hasil dari obligasi tersebut akan digunakan untuk belanja modal dan pengembangan di bidang terkait media.

Analis Pefindo Niken Indriarsih mengatakan, peringkat itu mencerminkan kepemilikan mayoritas BMTR pada perusahaan media terbesar yaitu PT Media Nusantara Citra Tbk dan PT MNC Sky Vision, beragamnya jasa layanan media mulai dari media televisi, radio, cetak, online yang disediakan oleh anak perusahaan, dan arus kas yang baik dari anak perusahaan. "Peringkat dibatasi oleh akses tidak langsung terhadap arus kas operasional, resiko terhadap fluktuasi mata uang asing sehubungan dengan utang dalam Dolar Amerika Serikat pada anak perusahaan dan persaingan ketat pada industri media," tambah Niken.

Pada 31 Desember 2011, pemegang saham perusahaan terdiri dari PT Bhakti Investama Tbk sebesar 51,4%, UOB Kay Hian sebesar 10,6%, MediaCorp Investment Pte sebesar 6,1%, masyarakat dan koperasi sebesar 31,9%. (bani)

Related posts