Menjaga Intelektualitas Bagi Kemajuan Bangsa

Sabtu, 07/07/2012

NERACA

Dalam dunia bisnis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perkembangan teknologi, perubahan peta dan pasar sangat cepat mengalami perubahan.Produk yang saat ini laku di pasaran bisa jadi bulan depan sudah akan ditinggalkan karena modelnya sudah tidak disukai.

Dengan demikian menjadi penting bagi pelaku bisnis melakukan inovasi sesegera mungkin, bahkan mengantisipasinya sebelum produk lama tidak laku lagi di pasaran. Budaya inovasi bagi pelaku usaha kecil menjadi hal yang penting bagi kelangsungan hidupnya. Budaya inovasi dibidang teknologi akan membuat sebuah perusahaan tumbuh dan berkembang dengan kokoh dan tak lekang oleh zaman. Inilah tantangan sekaligus tuntutan yang harus dijawab semua pihak.

Ketua Komite Tetap Riset dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kadin Indonesia Benny Ranti mengungkapkan realitas di Indonesia bila para pelaku Teknologi Informasi (TI) kurang merasa nyaman dengan atmosfir yang berkembang di tanah air. Mereka merasa pemahaman seputar regulasi dan aktualitas hukum patut menjadi perhatian, "Banyak orang Indonesia yang kemampuannya tidak kalah dengan orang-orang luar negeri. Sayangnya mereka kurang didorong untuk berdaya di negerinya sendiri," ungkap Benny pada sejumlah media.

Ia menilai kurangnya keberpihakan pemerintah maupun perusahaan pengguna jasa TI lokal terhadap penyedia jasa TI local dalam mendorong peningkatan riset dan teknologi yang terintegrasi dalam solusi inovasi pembangunan bangasa, “Kita perlu membangun sebuah kerjasama dalam membangun kekuatan perkembangan teknologi di tanah air,” ungkap Benny berharap.

Ia mencontohkan, bila Pemerintah China dan kalangan pengusaha TI sepakat membangun inovasi teknologi perangkat keras, sementara India pada perangkat lunak. Lalu mengapa pengembangan inovasi patut dilakukan? Ada beberapa alasan mengapa inovasi bisnis penting bagi usaha.

Pertama, persaingan bisnis terus terjadi dan makin lama semakin ketat, hanya perusahaan-perusahaan yang inovatif yang akan dapat bertahan, dan tumbuh berkembang dalam lingkungan bisnis ini. Kedua, memenuhi kebutuhan konsumen dan mendorong arah pasar dapat dilakukan melalui inovasi.

Ketiga, membangun budaya inovatif dalam perusahaan juga akan membuat semakin hidup kreativitas sumber daya manusia yang ada dan menjadi tantangan yang menarik untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan karyawan serta kemajuan perusahaan.

Dan keempat, inovasi akan dapat menjadi keunggulan perusahaan dalam jangka panjang berdasarkan keunggulan nilai, keunikan, tidak mudah ditiru, atau karena tidak ada produk pengganti. Kelima, kesadaran untuk selalu melakukan inovasi akan mendorong peningkatan peran departemen penelitian dan pengembangan/Research and Development (R&D) serta menjalin kerja sama dengan institusi litbang lain.

Di era globalisasi ini, Indonesia perlu melihat dan mengantisipasi kondisi global agar ketahanan nasional Indonesia dapat dijaga dan dipelihara sehingga kekuatan dalam negeri dapat mampu bertahan menahan ekses negatif dari kemajuan ilmu dan teknologi.

Sesuai dengan visi pembangunan nasional seperti yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), bahwa keberhasilan bangsa dalam mengelola sumberdaya manusia dan alam serta menjalin hubungan yang harmonis, bermartabat dengan lingkungan negara lainnya telah menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang aman dan nyaman sebagai tempat hidup dan berusaha.

Namun masih rendahnya pengembangan riset di Indonesia disebabkan kurangnya dukungan pemerintah, pengusaha swasta dan lembaga terkait dalam mendorong secara maksimal dibidang teknologi dan inovasi.

Tengok saja dari rendahnya alokasi dana APBN untuk bidang riset dan pengembangan, plus ketergantungan masyarakat pada produk negara lain dan kurang mencintai produk dalam negeri. Kondisi kian parah karena banyak pula para ilmuwan Indonesia yang hengkang ke negeri lain karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap mereka.

Dalam menghadapinya, pemerintah Indonesia harus segera berpikir cepat dalam mencari solusi yang tepat. Pemerintah harus meningkatkan anggaran untuk bidang R&D dan anggaran pendidikan yang lebih memadai. Pemerintah juga harus serius melaksanakan pelbagai program untuk memanfaatkan anggaran dana tersebut.

Hal ini penting dilakukan, karena selama ini banyak program pemerintah yang rendah pengawasan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak sebaik yang direncanakan. Pemerintah juga dapat mengambil contoh dari beberapa negara lain dalam usaha membangun riset dan pengembangannya, dengan menetapkan brain gain policy (menjaga intelektual bagi kemajuan bangsa) bagi kepentingan bangsa Indonesia dimasa mendatang untuk berjaya dibidang inovasi teknologi.