5.000 Bikers Deklarasikan "Bikers Jatim Bersatu"

Sabtu, 14/07/2012

NERACA

5.000 Bikers yang berasal dari 8 kota di Jawa Timur melalui 200 club berkumpul mendeklarasikan semangat "Bikers Jatim Bersatu" dalam acara U Mild U Bikers Festrack 2012 di Kenjeran Park, Surabaya. "Kami bikers se-Jatim sepakat untuk selalu menjunjung tinggi persaudaraan bikers, dan selalu taat pada peraturan lalu lintas serta mempraktikkan keselamatan berkendara (Safety Riding)," demikian pernyataan para perwakilan bikers yang berasal dari kota Surabaya, Pamekasan, Mojokerto, Tuban, Kediri, Malang, Probolinggo, Jember. Selesai berjanji, para bikers saling bergandengan tangan dan menyanyikan lagu "Kemesraan" yang membuat suasana menjadi semakin hangat.

Menurut salah satu peserta perwakilan dari Jember yaitu Ulum mengatakan deklarasi ini baru pertama kalinya dilakukan oleh para bikers se-Jatim dan merupakan moment yang sangat tepat di tengah pandangan masyarakat yang kurang baik terhadap para bikers akibat ulah oknum geng motor yang anarkis.

“Kami para bikers yang tergabung di club jelas berbeda dan bukan geng motor. Club motor lebih kental semangat persaudaraannya dan selalu melakukan kegiatan yang positif. Dalam kegiatan jambore bikers di U Mild U Bikers Festrack ini kami bisa bersilaturahmi dan bertemu saudara sesama bikers,” terangnya.

Sedangkan selaku penyelenggara Mirza Iqbal selaku Manager Area Marketing wilayah Surabaya PT HM Sampoerna Tbk, mengatakan U Mild menghadirkan festival bikers terbesar ini di Surabaya dengan tema “Dukung Bikers Lokalmu” untuk mendukung semua kegiatan bikers yang positif.

“Kami berharap U Mild U Bikers Festrack akan ditunggu setiap tahunnya oleh para bikers sebagai tempat berkumpulnya klub dan komunitas bikers Surabaya dan sekitarnya dengan berbagai kegiatan interaktif yang seru.”

Walaupun acara puncaknya adalah deklarasi “Bikers Jatim Bersatu”, para bikers Se-Jatim juga melakukan berbagai kegiatan sosial seperti penanaman 1.000 pohon bakau di Kenjeran, Surabaya. Koordinator bikers dari Surabaya, Yossy mengatakan kegiatan tanam pohon 1.000 bakau ini dimaksudkan untuk mengingatkan para bikers akan pentingnya fungsi pohon untuk mengurangi dampak pemanasan global yang semakin marak dibicarakan serta merupakan aksi untuk mengurangi polusi.

“Ini bentuk aksi nyata kepedulian kami sebagai bikers terhadap kondisi polusi udara di Jawa Timur yang semakin tinggi,” ungkapnya.

Selain menanam pohon, para bikers juga mengadakan aksi donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Kegiatan bikers yang lekat dengan jalan raya yang rawan bahaya membuat mereka merasa tergerak untuk menyumbangkan darahnya untuk sesama yang mungkin akan membutuhkan. "Target kantong darah yang terkumpul untuk aksi ini sebanyak seribu kantong darah, kami yakin akan tercapai," tambah Wencling, koordinator kegiatan aksi donor darah bikers.

Selain beberapa kegiatan sosial, U Mild U Bikers Festrack 2012 juga menghadirkan berbagai acara yang unik dan fun bagi para bikers di kota terbesar kedua di Indonesia ini, mulai dari freestyle exhibition yang disuguhkan bagi para pecinta adrenalin dan Modification Contest sebagai wadah para modifikator lokal Surabaya berkreasi.

Tidak hanya itu, ada pula U Mild Zone yang berisi berbagai kegiatan interaktif dan Bazaar Bikers yang menjual berbagai merchandise dan aksesoris bikers.

“Kami berharap tahun depan U Mild U Bikers di Surabaya akan lebih meriah dan dihadiri lebih banyak lagi bikers se-Jatim”, tandas Mirza.

Tahun ini U Mild U Bikers Festrack 2012 hadir di 11 kota Tanah Air, yakni Kotamobago, Manado (26-26), Surabaya (30 Juni), Batam (30 Juni -1 Juli), Bogor (7-8 Juli), Sukabumi (7-8 Juli), Pontianak (15 Juli), Bukittinggi (8-9 September), Samarinda (29-30 September), Lhokseumawe (6-7 Oktober), Karawang (13-14 Oktober) dan Pekanbaru (21 Oktober).