Kapitalisasi Bank Besar China Melonjak Drastis

Selasa, 03/07/2012

NERACA

Jakarta – Sebanyak tiga bank besar China memberi kontribusi sekitar sepertiga laba bank-bank global sepanjang 2011. Laporan Majalah The Banker menyebutkan kapitalisasi pasar bank-bank China melonjak dari hanya 4% pada 2007 menjadi 29,3% pada 2011.

Demikian analisa The Banker yang dikutip dari CNBC (2/7/2012). Alasanya, krisis Eropa yang memberi China kesempatan meraup pangsa pasar lebih besar. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) berada di peringkat teratas lagi untuk kedua kalinya dengan pendapatan sebelum pajak US$ 43,2 miliar.

Adapun China Construction Bank yang meraup US$ 34,8 miliar menduduki posisi peringkat kedua. Sementara Bank of China duduk di peringkat ketiga dengan pendapatan US$ 26,8 miliar. Mengalahkan JPMorgan yang berada peringkat keempat dengan profit US$ 26,7 miliar.

Sementara The Banker menyebutkan HSBC menjadi bank Eropa paling menguntungkan dengan pendapatan US$ 21,9 miliar. Demikian pula dengan, Bank of America menempati posisi teratas daftar Top 1.000 majalah The Banker untuk kedua kalinya tahun ini.

JPMorgan berada di posisi kedua di daftar tersebut, sementara empat bank China untuk pertama kalinya masuk 10 peringkat teratas. ICBC di peringkat 3, CCB di peringkat 6, Bank of China di peringkat 9 dan Agricultural Bank of China di peringkat 10.

National Bank of Greece dilaporkan sebagai bank yang paling merugi dengan US$ 17,4 miliar, diikuti oleh grup Belgia, Dexia. Bank-bank Eropa hanya menyumbang 6% terhadap profit global tahun lalu. Padahal lima tahun lalu mereka menyumbang sekitar 46% profit global dan memiliki 45% saham aset global, kata The Banker.

Disebutkan bahwa modal Tier 1 Bank of America mencapai US$ 159 miliar di akhir 2011, turun sedikit dari setahun sebelumnya tapi masih lebih banyak US$ 9 miliar dibanding JPMorgan. Bank of America juga pernah menduduki posisi puncak daftar Top 1.000 pertama The Banker 42 tahun lalu, ketika perhitungan masih berdasarkan aset bukan modal. **