Jamkrindo Jamin Kredit Bank Syariah

Premi Sekitar 0,5%-1,35%

Selasa, 03/07/2012

NERACA

Jakarta – Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kenakan premi penjaminan kredit sekitar 0,5%-1,35% kepada perbankan syariah yang menyalurkan kredit ke sector UMKM. “Premi sama dengan yang konvensional. Tergantung, mulai dari 0,5%-1,35% per tahun di luar KUR karena KUR sudah diambil pemerintah,” kata Direktur Penjaminan Jamkrindo, Nanang Waskito di Jakarta,2/7

Menurut Nanang, saat ini perkembangan bisnis syariah mulai menggeliat. Jamkrindo mulai menjaring kerjasama dengan partner perbankan syariah. “Kreditnya ambil 90% bank syariah bekerjasama dengan kami. Jadi kami melakukan kerjasama penjaminan dengan bank syariah atau UUS. Muamalat, BTN syariah, BNI syariah, BRI syariah, BSM syariah, Bukopin syariah. Setiap kredit yang disalurkan untuk UMKM bisa dijaminkan ke kami tergantung nanti skemanya apa,” terangnya.

Lebih jauh, Nanang mengakui, perum tidak menargetkan porsi penjaminan karena besaran yang akan dijamin tergantung pada besaran dana yang disalurkan ke UMKM. “Porsinya tergantung, yang penting dari nasabahnya aja, kalau ada yang menyalurkan ke UMKM kita jamin,” lanjutnya.

Alasannya, kata Nanang, pendanaan bank syariah atau UUS masih sangat tergantung pada induknya, yakni konvensional. Sehingga secara natural perum pun mengikuti siklus yang terjadi. “Karena dipertumbuhannyakan bank syariah akan tergantung dengan konvensional. Kami follow sama bank konvensionalnya”, paparnya.

Hingga akhir Juni 2012, kontribusi laba dari sisi jaminan kredit syariah sekitar 8%. Perum menargetkan hingga akhir tahun kontribusi terhadap laba bisa tembus 15%. Unutk merealisasikan rencana tersebut, perum akan menjalin tkerjasama kepada tiga lembaga keuangan milik BUMN. **maya