Menghemat Listrik dalam Sebuah Hunian

Sabtu, 07/07/2012

NERACA

Listrik memang sangat dibutuhkan saat ini, namun tidak banyak yang tahu bila listrik berasal dari pembangkit yang umumnya menggunakan sumber daya alam yang bila terus-menerus digunakan akan habis.

Oleh sebab itu ada baiknya bila memang mulai kini kita memaksimalkan listrik yang ada, artinya menggunakannya secara efektif dan tidak berlebihan. Setidaknya diperlukan adanya kegiatan penghematan listrik. Pemerintah pun sudah banyak mempromosikan isu penghematan listrik ini.

Selain kita berguna untuk kita saat ini, untuk mengurangi tagihan listrik yang ada. Penghematan listrik juga berguna untuk kehidupan anak cucu kita yang akan datang.

Lampu sebagai alat penerangan memang memiliki kerja yang sangat vital di dalam sebuah gedung, perumahan, ataupun ruangan.

Ada baiknya memang menggunakan tipe lampu yang memang hemat energi agar kita bisa memperoleh pencahayaan yang sama dengan konsumsi listrik lebih hemat. Pemakaian bohlam lampu pijar yang boros listrik pada bangunan rumah sudah bukan zamannya lagi. Bahkan saat ini sudah ada tipe lampu LED yang jauh lebih hemat listrik dan daya tahannya diklaim bisa tahan sampai puluhan tahun. Selain itu mendesain rumah dengan pencahayaan yang baik juga menjadi salah satu cara dalam menghemat energi listrik.

Memang saat ini harga lampu bohlam ataupun neon memang cukup murah, berbeda dengan harga lampu LED yang sangat hemat energi. Lampu LED memang memiliki harga yang cukup mahal. Namun apabila dibandingkan dengan ketahanannya dan manfaatnya, harga yang tidak terlalu murah akan menjadi sangat murah.

Bila anda masih menggunakan lampu neon, ganti balast trafo dengan balast elektronik atau balastron yang bisa menghemat listrik sampai 20%. Jangan lupa bersihkan kap lampu untuk memperoleh terang yang maksimal.

Pada siang hari, gunakan pencahayaan alami semaksimal mungkin. Pada waktu malam, matikan lampu penerangan yang tidak perlu pada waktu tidur.

Kebutuhan akan AC memang tidak dapat dihindarkan. Di wilayah panas seperti Jakarta, fungsi Ac menjadi sangat penting. Bagi anda yang menggunakan pendingin ruangan atau AC, ganti AC lama anda dengan tipe-tipe terbaru yang dilengkapi konverter sehingga lebih hemat listrik.

Gunakan AC dengan kebutuhan daya sesuai dengan ukuran ruangan. Selain itu atur suhu secukupnya saja, jangan terlalu dingin karena akan memperbesar konsumsi listrik rumah. Perawatan AC secara rutin akan dapat menjaga kinerja AC tetap stabil sehingga kebutuhan daya listrik juga ikut stabil.

Namun mendesain rumah yang memiliki jendela cukup banyak menjadi salah satu cara menghemat penggunaan energi listrik.

Yang selanjutnya cukup menguras listrik adalah mesin air. Penggunaan tangki air yang dipasang di atas rumah dapat mengoptimalkan kinerja pompa air listrik dalam menyedot air dari sumur.

Selanjutnya distribusi air bersih di rumah dapat dilakukan secara gravitasi tanpa perlu menggunakan daya listrik lagi. Gunakan saklar otomatis yang bisa mengatur penggunaan listrik di pompa air langsung terputus saat tangki penuh dan menyala lagi saat persediaan air di tangki tinggal sedikit.

Namun solusi tepatnya adalah tidak menggunakan air secara berlebihan, jadi dengan begitu pemakaian listrik pun menjadi berkurang.

Kulkas, mesin cuci, setrika listrik, barang-barang inilah yang selanjutnya perlu untuk dihemat pemakaiannya. Bukan mengurangi fungsinya, tapi dengan mengoptimalkan pemakaiannya. Penempatan kulkas sebaiknya diberi jarak 15 sentimeter dari tembok atau dinding rumah untuk melancarkan sirkulasi pertukaran panas pada kisi-kisi penukar panas pada kulkas anda.

Begitu juga dengan mesin cuci, gunakan mesin cuci secara optimal dengan mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci anda. Maksudnya, jika kebetulan anda memiliki mesin cuci kapasitas 6 kilogram, kurang efektif alias boros listrik jika hanya dipakai mencuci pakaian seberat 1 kg saja.

Gunakan tipe setrika listrik otomatis yang memiliki termostat sehingga bisa mengatur tingkat panas sesuai dengan kebutuhan pakaian yang diseterika dan otomatis menurunkan panas saat panas berlebihan.

Pemakaian komputer dan televisi pun harus dioptimalkan. Ganti monitor tabung dengan monitor LCD, selain hemat listrik juga memberi kesan modern pada perabot rumah anda. Jika anda berencana membeli komputer, lebih baik memilih laptop atau notebook, karena selain hemat listrik juga lebih praktis bisa dibawa ke mana-mana. Jangan biasakan televisi menyala berjam-jam tanpa ada yang melihat.

Jika anda berencana membeli televisi baru, beli tipe yang hemat listrik, sekalipun mungkin relatif mahal namun jika diperhitungkan konsumsi listrik saat pemakaiannya dalam jangka waktu lama juga mirip-mirip saja.

Menghemat listrik memang suatu pekerjaan yang sedikit sulit, tapi bila kita peduli dengan kehidupan generasi selanjutnya, kiranya hal ini penting, apalagi tidak ada ruginya, malah keuntunganlah yang kita dapat.