Memilih Sofa yang Tepat

Sabtu, 07/07/2012

NERACA

Sofa mungkin menjadi kebutuhan dan bagian yang wajib dari sebuah ruangan. Mendesain sebuah ruangan tamu atau keluarga biasanya kurang pas bila tidak menggunakan sofa, karena itulah memilih sofa yang tepat untuk konsep ruangan kita menjadi suatu hal yang wajib diperhatikan.

Selain kualitas, desainnya pun tidak kalah penting untuk kita perhatikan. Mungkin kita akan kesusahan dalam memilihnya atau membelinya, namun dengan perencanaan yang khusus dan teliti dalam memilih, sofa idaman pun bukan lagi sebuah mimpi.

Kenyamanan memang sangat penting dalam memilih atau membeli sofa yang tepat untuk konsep ruangan kita. Sofa memang sebuah kursi yang memberikan sebuah kenyamanan kepada pemakainya. Jadi saat kita duduki tidak terasa nyaman, sudah sangat pasti ini bukan sofa yang tepat untuk kita pilih.

Walaupun tingkat kenyamanan setiap orang berbeda-beda namun pada umumnya kenyamanan tetap bisa dinilai atau dirasakan bersama-sama. Selain itu masih banyak lagi yang harus diperhatikan saat memilih atau membeli sofa seperti menyesuaikan ukuran sofa dengan besar ruangan.

Menyesuaikan sofa dengan ruangan yang akan kita letakkan sofa ialah suatu hal yang penting, kita memang harus mengukurnya dengan detail agar sofa yang kita pilih atau kita beli tidak pas untuk konsep ruangan kita.

Artinya kita harus menyesuaikan ornamen ruangan ataupun konsep ruanngan kita dengan konsep sofa yang akan kita beli, jangan sampai sofa jadi terlihat lebih mencolok ataupun kurang mencolok, jadi semuanya harus pas, ukuran sofa pun tidak berlebihan dan membuat sempit ruangan kita.

Jadi menyesuaikan konsep ruangan dan juga ukuran ruangan serta bentuk ruangan dengan sofa yang akan kita beli atau pilih menjadi sangat penting agar konsep ruangan kita tercapai.

Pemilihan bahan dan warna sofa menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan berikutnya. Bahan pembungkus sofa sangatlah bervariasi. Mulai dari katun, denim, kanvas, polyester, kulit sintetis, sutra, beludru, atau kulit asli.

Semua bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan dari kulit asli, misalnya, bisa awet puluhan tahun, asalkan dirawat dengan benar. Atau bahan dari kain katun, yang mempunyai aneka ragam corak yang cantik, namun cepat robek. Begitu pula dalam memilih warna, memilih warna pun harus berhati-hati.

Pilihlah warna yang tepat sesuai konsep ruangan anda, warna terang dan ceria memang cukup menarik, tetapi sofa akan terlihat cepat kotor dan kusam, begitu pula dengan warna gelap, memang tidak terlihat ceria, namun warna gelap tidak mudah terlihat kotor dan kusam.

Kualitas memang sangat penting dalam membeli atau memilih sofa, lalu dari mana kita bisa tahu bahwa kualitasnya baik? Ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan dalam memilih sofa dengan kualitas terbaik.

Di zaman yang seperti ini memang harga tidak bisa menjadikan harga sebagai patokan kualitas lagi, saat ini harga bisa saja bertolak belakang dengan kualitasnya, artinya yang mahal belum tentu memiliki kualitas yang baik. Artinya kerangkanya harus kuat, Bantal-bantal dan kain pelapis nya harus benar-benar rapi dan rapat, Ada pegas di bagian pinggir dan belakangnya, bantalnya nyaman dan busanya tidak habis atau menjadi tipis saat diduduki dan benang -benang atau jahitannya bagus dan rapi.

Memilih atau membeli sofa untuk rumah kita memang tidak begitu sulit, asal teliti dalam memilih dan terkonsep dengan rapi, sofa idaman bukan lagi hanya impian.