Dunia Internasional Akui Wirausaha Muda Mandiri

Senin, 02/07/2012

NERACA

Jakarta--- Bank Mandiri terus berusaha mengubah pola pikir generasi muda, khususnya para mahasiswa untuk mulai berwirausaha dan mengurangi ketergantungan pada lapangan pekerjaan yang tersedia. “Sebab, wirausaha dapat membuka lapangan kerja baru dan akan membantu menurunkan angka pengangguran,” kata President Corporate Secretary Bank Mandiri Sukoriyanto Saputro di Jakarta.

Ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) semakin menunjukkan gaungnya di kawasan Asia Pasifik. Pasalnya, melalui kegiatan itu Bank Mandiri mendapat Investment in People Award untuk ke empat kalinya sejak tahun 2009 dari Enterprise Asia dalam perhelatan Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) 2012.

Pada 2012, AREA diikuti 80 perusahaan besar di kawasan Asia Tenggara dan menurut Entreprise Asia, Wirausaha Muda Mandiri diyakini mampu mengubah cara pandang generasi muda tentang wirausaha serta dapat menjadikan sektor UMKM sebagi sektor idaman untuk berkarya sehingga memicu peningkatan kualitas dan jumlah usaha kecil. “Kami bersyukur ajang WMM yang telah kami selenggarakan sejak 2007 ini mendapat pengakuan internasional dan semakin mendorong kami untuk terus meningkatkan angka kewirausahaan,” tambahnya.

Pada 2011, sebanyak 3.751 mahasiswa mengikuti kompetisi Wirausaha Muda Mandiri , jumlah tersebut melonjak naik jika dibandingkan pada awal tahun penyelenggaraan pada 2007 yaitu sebanyak 400 peserta.

Untuk melengkapi proses pembentukan wirausaha baru yang inovatif, Bank Mandiri juga menggelar Mandiri Young Technopreneur, untuk mendorong generasi muda mengembangkan teknologi terbaru untuk kemajuan bangsa Indonesia. “Kami ingin menekankan pada pengembangan bisnis teknologi, khususnya di sektor energi terbarukan, air bersih dan teknologi informasi, sehingga mempunyai dampak sosial yang tinggi dan dapat dikembangkan ke skala industri,” pungkasnya. **kam