free hit counter

Penjualan Mobil Hanya Terfokus di Kota Besar

Distribusi Tak Merata

Jumat, 29/06/2012

NERACA

Jakarta - Populasi mobil di dalam negeri pada 11,5 tahun belakangan melonjak lebih dari dua kali lipat. Namun persebarannya hanya di kota besar saja, sehingga bisa dikatakan tidak seimbang. “Populasi mobil di era tahun 2000 baru mencapai 5,04 juta unit. Angka tersebut melonjak 117,7% menjadi 10,97 juta unit terhitung hingga Mei 2012,” kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongkie D. Sugiarto di Jakarta, Kamis (28/6).

Yongkie menuturkan, pertumbuhan populasi sebelas tahunan itu sedikit mengecil dibandingkan dengan pertumbuhan populasi pada 11 tahun sebelumnya. Pada 1989, populasi mobil mencapai 2,29 juta unit dan melonjak 120,1% pada 2000.

“Berdasarkan asumsi Gaikindo itu, populasi hanya dihitung berdasarkan mobil yang masih aktif beroperasi baik dalam kondisi bekas maupun baru. Untuk mobil dalam kondisi baru, populasi tersebut dihitung berdasarkan angka penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales),” paparnya.

Dengan populasi dan pertumbuhan sebesar itu, Indonesia menjadi negara di Asean yang mencatatkan pertumbuhan populasi mobil yang kurang agresif. Namun, populasi mobil di Indonesia secara volume masih relatif lebih besar dibandingkan dengan Malaysia.Next