Pesona Cupcakes dalam Sajian Wedding

NERACA

Menjadikan cupcakes sebagai wedding cake tentu saja membuat segala sesuatunya menjadi berbeda, bahkan membuat hari spesialmu menjadi lebih unik. Menyenangkan sekali untuk menambahkan kue favoritmu di pesta pernikahan. Cupcakess juga bisa masuk ke segala tema acara pernikahan baik casual maupun formal.

Di Indonesia sendiri, cupcakes mulai dikenal dan menjadi populer sejak beberapa tahun belakangan. Cupcakes sering disajikan sebagai salah satu menu dalam suatu perayaan pesta, seperti ulang tahun dan pernikahan.

Umumnya dalam penyajian, cupcakes disusun cantik secara bertingkat. Melihat bentuknya yang fleksibel untuk dihias, cupcakes juga kerap dijadikan souvenir pada pelbagai perayaan. Kue mungil ini juga menjadi peluang usaha bagi para industri bakery, terutama yang berskala rumahan melalui jejaring sosial atau online.

Dewasa ini, banyak tersedia cetakan yang digunakan untuk membuat cupcakes. Seperti loyang muffin, cangkir tahan panas, loyang aluminium, dan juga cetakan berbahan silikon. Selain ringan dan tahan panas, cetakan dari bahan silikon lebih mudah digunakan, karena mudah dilepas dengan cara menarik sedikit pinggirannya saja.

Cupcakes memiliki bahan dasar kue, maka dituntut pula untuk memilih jenis kue sehingga dapat disesuaikan dengan hiasan di atasnya. Perhatikan dari sisi rasa maupun kepadatan kue, agar kue tersebut mampu menopang hiasan, misalnya saja hiasan 3D yang umumnya agak berat.

Untuk hiasan cupcakes pun bisa ditampilkan sesuai dengan momen yang dirayakan. Tak hanya dengan sentuhan kreativitas, cupcakes juga dapat tampil cantik dengan dihiasi lapisan dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan.

Selain hiasan, wadah cupcakes yang sering kali disebut cupcake wrappers pun kini tak lagi biasa. Motifnya yang beraneka ragam dan sesuai tema dapat dijadikan pilihan. Kebanyakan desain hiasan cupcakes yang dibuat merupakan karakter tokoh kartun untuk ulang tahun anak. Selain itu ada juga bunga-bunga untuk beragam acara, seperti seminar dan meeting bahkan weeding.

Untuk sebuah pesta pernikahan, wedding cake seringkali menjadi hal yang krusial dan terkadang membuat cukup kerepotan dalam memilihnya. Terlebih biaya yang dikeluarkannya, untuk sebuah wedding cake biasa diperlukan biaya sekitar Rp 3 juta, belum lagi apabila anda memesan detail yang lebih rumit serta dekorasi tambahan, maka harganya bisa mencapai Rp 5 juta.

Selain itu beberapa keuntungan juga bisa anda dapat dengan menghadirkan cupcakes di pesta pernikahan ketimbang wedding cake biasa. Pertama jumlah cupcakes yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Harga cupcakes satuan untuk membentuk sebuah wedding cake sekitar Rp12.500 dan harga 12 buah sekitar Rp 250,000. Apabila anda memesan sekitar 50 cupcakes untuk wedding cakes maka harganya baru sekitar Rp 625.000 belum lagi dikurangi dengan diskon.

Kedua, cupcakes merupakan altenatif wedding cake baru dan sangat mudah untuk dikondisikan dalam beberapa tema. Anda dapat mendekor cupcakes tersebut dengan tema sama atau berbeda-beda. Bahkan anda bisa menghadirkan warna-warna meriah untuk cupcakes-mu.

Tengok saja jenis, Wedding Cupcake Flavors. Selain tampilannya yang unik, juga banyak variasi rasa dari wedding cupcakes yang dapat dipilih. Anda bisa memilih strawberry, chocolate, wortel, kelapa dan masih banyak lainnya. Alternatif lainnya yang bisa dipilih adalah mocha, susu coklat vanilla dan blueberry.

Atau dekorasi Wedding Cupcake, terkait dekorasi cupcakes untuk pesta pernikahan, variasinya juga beragam. Apabila anda memang piawai dalam membuat kue, maka anda Anda bisa mulai dengan memilih tema yang akan anda pilih, setelah itu rencanakan dekorasi dan adonan gulanya.

Anda dapat menggunakan lapisan gula whipped cream atau lapisan gula butter cream. Masih banyak yang dapat dipilih lainnya, jadi mulailah dengan beberapa alternatif dan pilih yang paling anda sukai. Anda juga bisa menambahkan aksesoris pemanis yang terbuat dari permen, mawar atau coklat.

Gula dan glitters juga bisa digunakan sehingga membuat wedding cupcakes terlihat bersinar. Masih banyak ratusan ide kreatif lainnnya untuk mendekorasi wedding cupcakes-mu dan menjadikannya sangat spesial dan unik.

Seperti halnya wedding cake biasa, wedding cupcakes bisa di-display dengan sangat indah dan terlihat spesial. Saat ini bahkan ada juga stand elektrik yang dijual dan memiliki variasi warna yang bersinar. Atau anda belum dapat menemukan stand yang sesuai maka buatlah stand mu sendiri, jadilah kreatif.

Sekarang anda telah memilih wedding cupcakes di hari spesialmu, apabila membuat wedding cupcakes sendiri terlalu repot maka anda bisa meminta bantuan seorang cake decorator atau mungkin memesan di toko kue yang biasa menjadi langgananmu.

Saat ini toko-toko kue yang biasa menjual wedding cake juga mulai menawarkan wedding cupcakes sebagai alternatif bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang baru. Tema dan desainnya tentu saja bisa anda pilih dan tentukan sendiri.

BERITA TERKAIT

Saham MINA Masuk Dalam Pengawasan BEI

Lantaran terjadi peningkatan harga saham yang tidak wajar, perdagangan saham PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA) masuk dalam pengawasan PT Bursa…

Perlu Ketelitian Melangkah dalam Hadapi Perang Dagang

Oleh: Muhammad Razi Rahman Perang, apa pun bentuknya, lebih baik dihindari sejauh mungkin karena hanya akan menimbulkan penderitaan di kedua…

Menteri Dalam Negeri - Proses Hukum Calon Kepala Daerah Dipercepat

Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri  Proses Hukum Calon Kepala Daerah Dipercepat Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta Komisi…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Intip Usaha Minuman Alpukat Kocok - Lagi Naik Daun

Di tengah cuaca yang lagi panas-panasnya memang paling cocok kalau minum minuman dingin yang bisa menyejukkan tenggorokan. Di daerah Jalan…

Cara Menyusun Anggaran Usaha Kecil

Memulai sebuah bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Setelah modalnya ada, harus ada pengaturan anggaran supaya bisa dipakai dengan baik.…

Mengaduk Peruntungan Bisnis Keju Rumahan

Siapa yang tidak kenal keju? Produk olahan susu ini sudah sangat populer di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Citarasanya…