Banyak Manfaat dari Senam Aerobik

NERACA

Senam aerobik selain bagus untuk kesehatan tubuh ternyata juga bermanfaat bagi otak kita. Senam aerobik bisa meningkatkan fungsi kognitif dan emosi secara positif jika kita menyelesaikan aerobik sekitar 30 menit.

Senam aerobik dapat meningkatkan zat kimia ke otak yang membantu otak membentuk sel-sel baru dan membantu sel-sel tersebut menciptakan sambungan-sambungan baru yang dapat meningkatkan kapasitas belajar.

Selain dapat meningkatkan kapasitas belajar, senam aerobik juga bisa mengurangi penurunan kognitif seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan. Olahraga secara teratur bisa mengurang risiko depresi dan kecemasan. Hal ini disebabkan zat kimia dalam tubuh menimbulkan rasa tenang dan senang dan juga membantu kita untuk lebih percaya diri.

Pada dasarnya, gerakan aerobik diarahkan agar jantung terpompa lebih cepat daripada biasanya, dan membuat anda bernafas lebih cepat. Mempekerjakan jantung dengan cara ini akan membuatnya lebih kuat dan lebih efisien dalam membantu sirkulasi dalam tubuh.

Karena sirkulasi yang efisien, suasana hati dari orang yang melakukan olahraga menjadi baik, dan tubuh semakin berenergi.

Di dalam tubuh, jumlah sel darah merah juga akan meningkat sehingga sistem pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien. Selain dari jantung yang sehat dan sistem sirkulasi yang efisien, otot-otot pun dapat terlatih untuk daya tahan.

Pada dasarnya, gerakan aerobik akan memperkuat otot-otot, terutama yang berkaitan dengan respirasi seperti aliran keluar masuknya udara dari paru-paru. Secara keseluruhan, otot-otot tubuh akan menjadi kencang yang lagi-lagi akan meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Dalam aerobik high-impact (seperti jogging atau lompat tali), tulang akan terus dirangsang untuk tumbuh sehingga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada pria dan wanita.

Manfaat Lain

Senam aerobik juga dapat menurunkan tekanan darah (untuk yang hipertensi) serta jumlah yang lebih rendah di tingkat kolesterol. Sebagaimana dinyatakan, ini adalah sebagian dari poin-poin penting yang membantu mengurangi risiko seseorang dalam memiliki penyakit jantung.

Karena mengencangkan otot-otot pernafasan dan penurunan dari semua unsur buruk dalam sistem peredaran darah, orang-orang yang melakukan aerobik akan dapat menghilangkan masalah mereka seperti kesulitan bernafas dan gampang lelah.

Kabar baik yang lainnya adalah bahwa mereka yang melakukan aerobik dapat menekan masalah kecemasan dan rawan depresi. Olahraga, khususnya yang ringan saja, dapat menghasilkan endorfin, yang dapat membangun mood.

Aerobik juga dapat membantu mereka yang sulit tidur. Karena aerobik membakar lemak, sudah pasti dapat membantu penderita obesitas untuk menurunkan berat badan. Aerobik adalah salah satu olahraga yang ideal untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Para praktisi medis tahu bahwa olahraga teratur dapat bermanfaat bagi sebagian besar masyarakat, bahkan bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (seperti asma). Tak lupa, seseorang harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui program latihan aerobik yang terbaik dan apa yang harus dihindari.

BERITA TERKAIT

Taiwan Ajak Pembeli dari Indonesia - Gelar Pameran AMPA 2019

      NERACA   Jakarta – Pameran otomotif dan suku cadang asal Taiwan akan digelar pada 24-28 April 2019…

Fintek Crowde Raih Pendanaan dari Jepang dan Korsel

      NERACA   Jakarta - Crowde, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pertanian mengumumkan penerimaan pendanaan awal atau…

Penundaan BBM Bagian dari Langkah Strategi Penyesuaian

  Oleh : Imam Poldi, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Gunadarma   Sejumlah pihak menilai keputusan yang dikeluarkan oleh Menteri…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Kemenpar Dorong Industri Kreatif Lewat Kustomfest 2018

Hasil karya anak bangsa tersaji dalam Indonesian Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2018 resmi digelar Sabtu, (6/10). Sebanyak 155 motor dan…

Ini Cara Terbaik Menjaga Kesehatan dan Kualitas Sperma

Tantangan kesuburan menjadi satu hal yang rumit bagi tiap orang. Kesehatan sperma selalu dikaitkan dengan konsep kejantanan pria. Maka dari…

Media Sosial Banyak Bikin Remaja Perempuan 'Galau'

Selama satu dekade terakhir, platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah mencuri perhatian banyak orang. Laman media sosial…