Banyak Manfaat dari Senam Aerobik

NERACA

Senam aerobik selain bagus untuk kesehatan tubuh ternyata juga bermanfaat bagi otak kita. Senam aerobik bisa meningkatkan fungsi kognitif dan emosi secara positif jika kita menyelesaikan aerobik sekitar 30 menit.

Senam aerobik dapat meningkatkan zat kimia ke otak yang membantu otak membentuk sel-sel baru dan membantu sel-sel tersebut menciptakan sambungan-sambungan baru yang dapat meningkatkan kapasitas belajar.

Selain dapat meningkatkan kapasitas belajar, senam aerobik juga bisa mengurangi penurunan kognitif seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan. Olahraga secara teratur bisa mengurang risiko depresi dan kecemasan. Hal ini disebabkan zat kimia dalam tubuh menimbulkan rasa tenang dan senang dan juga membantu kita untuk lebih percaya diri.

Pada dasarnya, gerakan aerobik diarahkan agar jantung terpompa lebih cepat daripada biasanya, dan membuat anda bernafas lebih cepat. Mempekerjakan jantung dengan cara ini akan membuatnya lebih kuat dan lebih efisien dalam membantu sirkulasi dalam tubuh.

Karena sirkulasi yang efisien, suasana hati dari orang yang melakukan olahraga menjadi baik, dan tubuh semakin berenergi.

Di dalam tubuh, jumlah sel darah merah juga akan meningkat sehingga sistem pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien. Selain dari jantung yang sehat dan sistem sirkulasi yang efisien, otot-otot pun dapat terlatih untuk daya tahan.

Pada dasarnya, gerakan aerobik akan memperkuat otot-otot, terutama yang berkaitan dengan respirasi seperti aliran keluar masuknya udara dari paru-paru. Secara keseluruhan, otot-otot tubuh akan menjadi kencang yang lagi-lagi akan meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Dalam aerobik high-impact (seperti jogging atau lompat tali), tulang akan terus dirangsang untuk tumbuh sehingga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada pria dan wanita.

Manfaat Lain

Senam aerobik juga dapat menurunkan tekanan darah (untuk yang hipertensi) serta jumlah yang lebih rendah di tingkat kolesterol. Sebagaimana dinyatakan, ini adalah sebagian dari poin-poin penting yang membantu mengurangi risiko seseorang dalam memiliki penyakit jantung.

Karena mengencangkan otot-otot pernafasan dan penurunan dari semua unsur buruk dalam sistem peredaran darah, orang-orang yang melakukan aerobik akan dapat menghilangkan masalah mereka seperti kesulitan bernafas dan gampang lelah.

Kabar baik yang lainnya adalah bahwa mereka yang melakukan aerobik dapat menekan masalah kecemasan dan rawan depresi. Olahraga, khususnya yang ringan saja, dapat menghasilkan endorfin, yang dapat membangun mood.

Aerobik juga dapat membantu mereka yang sulit tidur. Karena aerobik membakar lemak, sudah pasti dapat membantu penderita obesitas untuk menurunkan berat badan. Aerobik adalah salah satu olahraga yang ideal untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Para praktisi medis tahu bahwa olahraga teratur dapat bermanfaat bagi sebagian besar masyarakat, bahkan bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (seperti asma). Tak lupa, seseorang harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui program latihan aerobik yang terbaik dan apa yang harus dihindari.

BERITA TERKAIT

Saham BTN Diyakini Banyak Diburu Asing - Masuk Morgan Stanley Capital

NERACA Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI)…

Perusahaan di Jambi Didorong Go Public - Banyak Manfaat IPO

NERACA Jambi - Mendorong perusahaan lokal go public, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Jambi menggelar roadshow dan mengedukasi manfaat…

Perkenalkan Ponsel Selfi dari Wiko

  Merk ponsel asal Prancis, Wiko, memboyong dua ponsel yang menampilkan layar besar, seri View, bagi pasar Indonesia. Ponsel ini…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Alasan Diabetes Bisa Berujung Kematian Mendadak

Mengapa kadar gula tinggi pada penyandang diabetes bisa menyebabkan kematian mendadak? berikut paparan spesialis penyakit dalam dari RSCM, Dr. Wismandari…

Alat Kontrasepsi IUD Dapat Kurangi Risiko Kanker Serviks

Perempuan yang mendapat alat kontrasepsi (intra-uterine device/IUD) untuk mengendalikan kelahiran tampaknya memiliki risiko lebih kecil terkena kanker serviks, kanker paling…

Olahraga Bersama Lebih Ampuh Kurangi Stres

Berolahraga bersama teman kemungkinan besar lebih baik untuk kesehatan Anda, ketimbang melakukannya sendirian. Studi dalam Journal of the American Osteopathic…