Thailand Gelar Pameran Filateli Terbesar di Dunia

NERACA

Thailand akan menjadi tuan rumah pameran filateli terbesar di dunia yang bertajuk ‘Thailand 2013 World Stamp Exhibition’ mulai 2 – 14 Agustus 2013.

Pameran tersebut diselenggarakan bertepatan dengan perayaan ke-130 tahun layanan pos Thailand dan penerbitan perangko hari pertama negara tersebut.

Pameran filateli Thailand yang digelar setiap 10 tahunan ini telah tiga kali digelar sebelumnya yaitu pada tahun 1983, 1993, dan 2003. Negeri itu pernah menggelar World Youth Stamp Exhibition di tahun 1999.

"Sedikitnya 100.000 pengunjung ditargetkan datang menghadiri The World Philatelic Exhibition pada 2013,” kata Senior Executive Vice President dari Thailand Post Company Limited Anusra Chittmittrapap.

Menurut dia, keyakinannya itu setelah melihat kesuksesan ketiga pameran sebelumnya yang digelar Thailand. Untuk mensosialisasikan pameran tersebut, Thailand Post menggelar Thai Night Party di Hotel Sultan, Jakarta (21/6).

Anusra mengatakan pihaknya akan menggelar Bangkok 2013 World Stamp Exhibition berkolaborasi dengan Asosiasi Filatelis Thailand, dengan bimbingan Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn serta sponsor dari TCEB.

Pameran tersebut digelar untuk memperingati ulang tahun ke-130 perangko Thailand dan pembentukan layanan pos Thailand.

“Ini juga akan menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengoleksi perangko.”

Direktur Departemen MICE Dalam Negeri Thailand Convention and Exhibition Bureau (TCEB) Chiruit Isarangkun Na Ayuthaya menambahkan kegiatan itu didukung kebaikan hati pemerintahan kerajaan Thailand dan infrastruktur untuk penyelenggaraan acara kelas dunia.

“Thailand 2013 World Stamp Exhibition akan memberikan peluang yang besar bagi eksibitor untuk memamerkan koleksi perangko unik mereka serta koleksi langka dan berharga lainnya dari seluruh dunia,” kata Chiruit.

TCEB sebagai lembaga pemerintah, katanya, akan sangat senang memfasilitasi pelancong dalam segala hal dengan menawarkan berbagai kenyamanan melalui program ‘Believe in Thailand’.

Hal itu guna meningkatkan pelancong bisnis internasional menghadiri pameran kelas dunia ini.

“Kami menargetkan pameran ini akan menarik hingga 100.000 pengunjung, termasuk 1,000 peserta luar negeri, serta memberikan lebih dari 2 miliar baht (sekitar USD67 juta) pendapatan bagi Thailand,” katanya.

Tetapi yang terpenting, saya yakin bahwa untuk setiap orang yang terlibat, the World Stamp Exhibition akan membangun persahabatan dan belajar hal baru tentang budaya dari negara-negara yang berpartisipasi”.

Sejak didirikan pada tahun 1883, Thailand Pos telah menerbitkan 978 model perangko.

Duta Besar Kerajaan Thailand untuk Indonesia Thanatip Upatising mengatakan percaya kegiatan ini merupakan peluang yang baik bagi Thailand untuk menyambut para kolektor, pihak-pihak yang peduli terhadap pos, dan pedagang dari berbagai penjuru dunia untuk menghadiri pameran tersebut.

“Meskipun kita kini hidup di dunia ICT di mana orang terobsesi dengan e-mail, SMS, MSN, facebook, tidak lantas menjadikan perangko ketinggalan zaman bagi saya. Perangko hanya berubah tugas dari “tugas untuk layanan pos” menjadi “simbol memori”.

The World Philatelic Exhibition akan digelar mulai 2 - 14 Agustus 2013 di The Royal Paragon Hall 1-3, lantai 5, Siam Paragon, Bangkok.

Pameran ini akan menghadirkan tidak hanya koleksi perangko unik, tetapi juga menampilkan koleksi langka dan berharga lainnya dari seluruh dunia.

Lomba perangko dan produk-produk OTOP juga akan digelar sebagai bagian dari pameran, dengan dewan juri yang berasal dari negara-negara anggota dan perwakilan dari negara yang menampilkan koleksi mereka. Kolektor dan non-kolektor dipersilakan untuk mengunjungi the World Philatelic Exhibition 2013. (agus)

BERITA TERKAIT

Merespon Jejak Perundungan Siber di Dunia Maya

Oleh: Hanni Sofia Soepardi Perundungan siber alias "cyberbully" menjadi kosa kata baru yang kian akrab di telinga dalam beberapa waktu…

Industri Logam Masih Jadi Andalan Pertumbuhan - Dunia Usaha

NERACA Jakarta - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto optimis pertumbuhan industri masih bisa terjaga, karena ditopang dari beberapa pertumbuhan industri seperti…

Produksi Tambang Delta Dunia Tumbuh 20% - Bisnis Kembali Menggeliat

NERACA Jakarta - Emiten pertambangan, PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) memproduksi batubara sebesar 33,8 juta ton periode Januari-Oktober 2017.…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Menjelajahi Pulau Paling Ujung Selatan Indonesia

Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote" Masih lekat dalam ingatan sepenggal lirik dari lagu iklan mie instan…

Ambon Menuju Kota Musik Dunia

Pemulihan Kota Ambon terus dilakukan pasca konflik silam. Kini Ambon terus berlari untuk menobatkan diri sebagai "Kota Musik" dunia."Ambon manise",…

Parade Budaya Bahari di Wakatobi

Siang itu panas terik sinar matahari terasa menyengat kulit. Jam di tangan menunjukkan pukul 14.00 WITA. Saya pun mempercepat langkah…