Mobil Kelas Premium Siap Merangsek ke Pasar Indonesia

NERACA

Jakarta - Membaiknya perekonomian Indonesia, membuat produsen mobil premium dunia ramai memasarkan produknya. Salah satu yang terbaru adalah, mobil mewah Rolls Royce Phantom II yang resmi diluncurkan. Daya beli di Indonesia membuat mereka mengintip peluang pasar pada mobil premium di Indonesia.

"Indonesia itu pasar ke lima besar dalam penjualan Rolls Royce di Asia Pasifik," terang Serudin, Corporate Communications Manager Rolls Royce Asia Pasifik di Jakarta, Rabu (20/6).

Dia juga mengungkapkan, sudah banyak yang memesan sebelum mobil ini diluncurkan. Namun sayang, Serudin tidak menjelaskan angkanya. "Sudah ada yang pre-order sampai detik ini, dan sudah siap meluncur pada bulan September 2012," katanya tanpa memberi rincian.

Dia hanya mengatakan, bahwa penjualan Rolls Royce di Indonesia meningkat 75% untuk 2010-2011."Penjualan kami meningkat tetapi kami tidak bisa sebutkan jumlahnya," jelasnya.

Adapun dalam kesempatan yang sama George W Rownlands, Aftersales Manager Rolls Royce Asia Pasific mengungkapkan, beberapa kelebihan yang dimiliki Phantom Seri II ini adalah pemakaian sistem drive - train phantom. "Ada penambahan automatic gearbox 8-kecepatan dan diferensial belakang dengan sempurna untuk melengkapi mesin injeksi langsung V12," ujarnya.

Dia mengatakan, dengan sistem injeksi ini, konsumsi bahan bakar irit sebesar 10% sehingga emisi C02 turun menjadi 347g/km ke 385g/km. Selain itu, mesin V12 6,75 liter rakitan tangan yang berhembus secara nasional. Mesin ini mampu menghasilkan putaran 531lb ft (720 Nm) lebih dari 1000 Rpm. "Dengan kapasitas mesin ini bisa melesat antara 0-60 km dalam 5,7 detik menuju 149 mph di tempat yang memungkinkan," jelasnya.

Tidak hanya itu, Phantom seri II ini menawarkan kelebihan lainnya seperti smart phone. Kalau dulu telephone maka sekarang smart phone. Di tambah dengan USB, Aux-In, dan beberapa lubang stopkontak 12V. Sistem navigasi dilengkapi dengan tampilan 3D dengan topografi lanskap, fitur-fitur terbaru, dan titik lokasi yg semakin penting. Adapun, suspensi depan dilengkapi double-wishbone untuk mengurangi getaran melalui roda kemudi. Sementara suspensi belakang multi-link memiliki teknologi anti-lift dan anti-dive membantu akselerasi mobil.

Lalu bagaimana dengan harganya ? Sayangnya baik Hal maupun George W Rownlands, tidak mau mengungkapkan harganya, mereka beralasan bahwa mobil ini adalah mobil khusus." Ini tidak bisa ditentukan karena mereka membeli berdasarkan hobi saja," jelasnya.

Sementara Itu, Chief Executive Officer (CEO) PT Indobuana Autoraya, Paulus B. Suranto yang merupakan agen pemegang merek (APM) Volvo di Indonesia mengungkapkan setelah lama terkulai di pasar mobil mewah Indonesia, Volvo berambisi untuk bangkit kembali. Setelah meluncurkan mobil anyar pada bulan September mendatang, akan ada tiga mobil yang menyusul masuk Indonesia yakni V60, S60 dan S80.

Keempat produk diatas adalah empat tipe mobil yang akan dirakit di pabrik Volvo di Malaysia. Sehingga dengan begitu, harga keempatnya pun diprediksi akan lebih rendah bila dibandingkan bila di impor langsung dari Swedia yang merupakan negara asal Volvo. "produk itu (V60, S60 dan S80) sangat mungkin untuk masuk. Kemungkinan tahun depan," ungkapnya.

Paulus lalu mengungkapkan finalisasi kedatangan ketiganya akan segera dia urus sesaat setelah peluncuran XC60 yang rencananya akan dilangsungkan pada bulan September mendatang. "Kita fokus dulu pada XC60, setelah itu baru satu-satu kita masukkan," jelasnya.

Di antara ketiga produk tadi, Volvo V60 menurut Paulus adalah mobil yang kemungkinan akan dia masukkan setelah XC60. "Kemungkinan V60 dulu, baru yang lain," lugasnya.

Volvo V60 sendiri adalah sebuah mobil mewah bermodel wagon yang mengusung 4 mesin bensin berkapasitas 1.6 liter, 2.0 liter dan 3.0 liter serta 3 tipe mesin diesel berkapasitas 1.6 liter dan 2.0 liter dan 2.0 liter dengan twin-turbocharged.

BERITA TERKAIT

OJK Dukung Penerbitan Market Standard Repo - Perdalam Pasar Keuangan

NERACA Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung penerbitan "Market Standard" untuk transaksi "Repurchase Agreement" (Repo) atas efek bersifat utang…

KPPU : Pasar Beras di Sulsel Oligopsoni

KPPU : Pasar Beras di Sulsel Oligopsoni NERACA Makassar - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan jika di Sulawesi Selatan…

Pefindo Sematkan Peringkat A Siantar Top - Genjot Pasar Ekspor

NERACA Jakarta – PT Pmeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan kembali peringkat idA untuk PT Siantar Top Tbk (STTP) dan Obligasi…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Ekspansi Bisnis - Setelah ASEAN dan Asia Selatan, INKA Mulai Rambah Pasar Afrika

NERACA Jakarta – PT Industri Kereta Api (Persero) mulai merambah pasar di Benua Afrika sebagai ekspansi bisnis setelah memasarkan produk…

Berdasarkan Data KKP - Hingga Oktober 2017, Ekspor Produk Perikanan US$ 3,62 miliar

NERACA Jakarta – Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ekspor produk perikanan Indonesia tercatat sebesar US$ 3,62…

Indonesia-Tanzania Tingkatkan Relasi Perdagangan

NERACA Jakarta – Dubes RI untuk Tanzania Ratlan Pardede melakukan pertemuan dengan Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein pada Jumat (24/11)…