Kembangkan Layanan, XL Garap Bisnis Remitance

Dalam rangka pengembangan bisnis, kini operator seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) mulai memasuki bisnis "remittance" (pengiriman uang) domestik layanan yang mempermudah pelanggan mengirimkan sejumlah uang melalui ponsel. "Bisnis remittance ini merupakan bisnis baru XL yang diharapkan dapat menambah pertumbuhan pendapatan perusahaan," kata Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini, di Jakarta, Senin (18/6).

Menurutnya, layanan remittance domestik ini merupakan bagian dari upaya XL untuk selangkah lebih maju memaksimalkan penggunaan layanan transaksi mobile. "Bisnis dasar telekomunikasi seperti SMS dan voice semakin menurun, operator harus masuk kepada layanan-layanan yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Pengiriman uang secara cepat menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat sekarang ini. Salah satu fitur yang semakin dibutuhkan dan populer saat ini adalah layanan "mobile money" (m-money), yang sudah dimiliki yaitu XL Tunai.

Dia menambahkan, melalui ponsel, pelanggan XL bisa melakukan pengiriman uang tanpa terikat waktu dan lokasi. Karena pengiriman uang bisa dilakukan kapan saja melalui ribuan lokasi agen XL Tunai yang menjangkau seluruh Indonesia.

Maka untuk dapat mengaktifkan remmitance XL, pelanggan dapat mendatangi XL Center ataupun agen bertanda XL Tunai untuk melakukan proses regitrasi, dan memproleh PIN.

Sementara itu, GM m-Finance XL Yossie D Yosetya, mengatakan dengan penambahan layanan remittance itu maka fitur XL Tunai menjadi empat, yaitu pengiriman uang, belanja on-line, membayar tagihan, dan belanja di toko. "Selama ini XL Tunai masih didominasi transaksi pembayaran tagihan, dan belanja on-line," ujarnya.

Dia menjelaskan, sejak diluncurkan awal Januari 2012 jumlah pengguna XL Tunai mencapai 70.000 pelanggan dan diperkirakan mencapai 150.000 pelanggan pada akhir tahun. Bisnis remittance telah mengalami pertumbuhan yang baik secara global maupun nasional. (bani)

BERITA TERKAIT

Pemprov Sumsel Miliki Aplikasi Layanan Publik

Pemprov Sumsel Miliki Aplikasi Layanan Publik NERACA Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) sekarang ini memiliki aplikasi layanan…

Relokasi Kantor, Bank DKI Implementasikan Penataan Kantor Layanan

      NERACA   Jakarta - Bank DKI membuka kantor Cabang Pembantu Syariah di Jl. Raya Transyogi Cikeas, Bogor,…

Maybank Fokus Garap Pembiayaan UMKM

      NERACA   Padang - Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria menyatakan pihaknya fokus menggarap pembiayaan pada sektor…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pegadaian Bakal Rilis Obligasi Rp 3,5 Triliun

NERACA Jakarta –Perkuat modal guna mendanai ekspansi bisnisnya di tahun depan, PT Pegadaian (Persero) akan menerbitkan surat utang (obligasi) senilai…

Bidik Akademisi, Citilink Gandeng ILUNI UI

Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia kembali mengadakan kerjasama dengan organisasi alumni perguruan tinggi, kali ini dengan ILUNI UI (Ikatan…

KSEI Catatkan SID di Pasar Capai 1.09 Juta

Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Frederica Widyasari Dewi mengungkapkan, jumlah investor yang tercatat di KSEI naik signifikan.…