Menengok Pagelaran Kebudayaan

NERACA

Budaya memang menjadi warisan sejarah yang sangat mahal harganya. Kebudayaan memang harus terus dijaga dan dilestarikan keberadaannya, namun menjaga juga melestarikannya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Mengenalkan kebudayaan kita kepada masyarakat luas memang menjadi tanggung jawab kita bersama. Tidak hanya itu, mengenalkan kebudayaan kita kepada negara juga bangsa lain menjadi salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan.

Peran masyarakat memang cukup besar dalam melestarikan budaya kita sendiri, khususnya kaum muda, lewat para pemudalah kebudayaan bisa terus dilestarikan, namun banyaknya budaya asing yang masuk dan menjadi budaya baru ini membuat budaya asli kita sulit diterima.

Sapulidi (Satuan Pemuda Lintas Daerah Indonesia) event organizer dan Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik IISIP Jakarta salah satunya. Kegiatan kepemudaan ini mencoba melestarikan kebudayaan lewat lomba-lomba dan kompetisi budaya juga pagelaran kebudayaan. Acara ini berjalan sangat ramai, antusiasme para pemuda-pemudi juga tergambar pada banyaknya pengunjung yang datang pada acara ini.

Acara ini ikut diramaikan Abang dan None 2012, Pembantu Rektor bidang akademik IISIP Jakarta Dra. Suryanjani Msi, dan I Wayan Sumindra S.sn dari Sanggar Gita Wahana Bhakti juga ikut datang pada acara ini.

Acara yang dimulai pukul 13.00 wib ini berjudul "Kompetisi Budaya Indonesia se-Jabodetabek 2012” dengan tema "Eksis Indonesiaku, Eksotis Budayaku."

Acara ini diselenggarakan 16 juni 2012 di Kampus Institut Ilmu Sosial Dan Ilmu Komunikasi IISIP Jakarta, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Acara ini diikuti empat tim tari dari tingkat sekolah menengah atas dan 10 peserta fashion show kreatif. Acara ini dibuka oleh paduan suara Buana Cipta Suara yang memakai 40 baju adat yang berbeda dan penampilan spesial dari Putu Ayu yang baru berumur 7 tahun dengan tarian Balinya. Acara ini sangat berjalan meriah, masing-masing tim tari sangat memperlihatkan keunggulannya masing-masing, begitu juga dengan peserta fashion show kreatif, antusiasme sangat terlihat di setiap peserta dalam memeragakan pakaiannya yang bertemakan kebudayaan ini.

Memang tak banyak masyarakat yang masih peduli dengan budayanya ataupun budaya asli Indonesia, sebagaian orang lebih memilih untuk mengikuti budaya asing karena lebih terlihat keren dan tidak tertinggal zaman. Kalo bukan kita yang melestarikan, menjaga juga mengenalkan budaya kita, lalu siapa lagi. Padahal bangsa-bangsa asing berlomba-lomba untuk belajar dan mengenal budaya asli Indonesia, bahkan mereka sangat antusias dalam belajar juga mengenal budaya Indonesia. Budaya kita memang sering diakui oleh negara lain, hal ini terjadi karena kurangnya perhatian dari bangsa kita sendiri. Menjaga juga melestarikan budaya adalah tanggung jawab kita bersama, perhatikanlah sebelum semua punah dan hilang diambil bangsa lain.

BERITA TERKAIT

Menengok Kesiapan Asian Para Games 2018

  Oleh : Aditya Nugroho, Mahasiswa IKIP Mataram   Setelah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 lalu, dan diakui sebagai pesta…

Geliat YPA-MDR Bangun Desa Wisata Lewat Kebudayaan - Ciptakan Ekonomi Kerakyatan

Menunjukkan eksistensinya terhadap kepedulian pengembangan dunia pendidikan tanah air, khususnya masyarakat prasejahtera, PT Astra Internasional lewat Yayasan Pendidikan Astra-Michael D.…

Menengok Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2018

  Oleh : Indah Rahmawati Salam, Mahasiswi IAIN Kendari Arus mudik Lebaran Idul Fitri sudah mulai terasa. Para perantau yang…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Bali Masih Jadi Wajah Pariwisata RI

Maklum adalah kata pertama yang muncul saat kaki mendaratkan kaki ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Maklum dengan antrean keluar…

Tsunami Hancurkan Pesona Bawah Laut Indonesia

Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah dilanda gempa dan tsunami pada Jumat (28/9). Bencana alam itu menyebabkan banyak…

Museum Pasifika, Objek Wisata Kelas Dunia di Jantung Nusa Dua

Belum lama ini, kabar menggembirakan datang dari Museum Pasifika yang menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Perancis,…