Suku Bunga Kredit Bank Turun 8 BPS

NERACA

Jakarta---Bank Indonesia mencatat rata-rata suku bunga kredit perbankan mengalami penurunan sebesar 8 basis poin (bps) dari 12,59% pada Maret 2012 menjadi 12,51% pada April 2012.

Data dari Tinjauan Kebijakan Moneter Bank Indonesia di Jakarta, Jumat menyebutkan suku bunga kredit modal kerja (KMK) turun 15 bps menjadi 11,86 persen, kredit investasi (KI) turun 6 bps menjadi 11,56% dan kredit konsumsi (KK) turun 3 bps menjadi 14,10% dengan bulan sebelumnya.

Namun, BI mencatat suku bunga deposito 1 bulan pada April turun sebesar 24 bps dari bulan sebelumnya menjadi 5,42% sejalan dengan penurunan suku bunga simpanan.

Penurunan suku bunga kredit yang lebih terbatas dibandingkan dengan suku bunga deposito menyebabkan selisih (spread) di antara kedua suku bunga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan selisih pada bulan sebelumnya.

Selisih yang masih relatif lebar tersebut masih memberikan ruang bagi penurunan suku bunga kredit lebih lanjut sejalan dengan efisiensi penyaluran dana perbankan serta perbaikan efisiensi operasional perbankan.

Berdasarkan kelompok bank, penurunan terbesar suku bunga deposito 1 bulan1 tercatat pada kelompok BPD yang memiliki level suku bunga paling tinggi dibandingkan dengan kelompok bank lainnya.

Penurunan suku bunga deposito 1 bulan pada kelompok BPD tercatat sebesar 40 bps, sedangkan kelompok bank asing 20 bps, bank swasta 25 bps dan bank persero 20 bps.

Untuk suku bunga kredit, penurunan terbesar terjadi pada kelompok bank asing yang juga memiliki level suku bunga paling tinggi dibandingkan dengan kelompok bank lainnya. Pada April 2012, kelompok bank asing menurunkan suku bunga KMK 21 bps dan KK 37 bps. Sementara itu, kelompok bank swasta, BPD dan bank persero menurunkan suku bunga kreditnya masing-masing sebesar 5, 6 dan 10 bps. **cahyo

BERITA TERKAIT

Bank Banten Buka Kantor Cabang Di Tangerang

      NERACA   Serang - PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk (Bank Banten) sebagai bank milik Pemerintah Provinsi…

Alasan Bunga Murah, LPDB Jadi Incaran Koperasi dan UKM

Alasan Bunga Murah, LPDB Jadi Incaran Koperasi dan UKM NERACA Semarang - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil,…

KOTA SUKABUMI - SK BPSK Belum Turun, Warga Bingung Harus Ngadu ke Siapa

KOTA SUKABUMI SK BPSK Belum Turun, Warga Bingung Harus Ngadu ke Siapa NERACA Sukabumi - Sejumlah Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Motif MUFG Akuisisi Saham Danamon Dinilai Belum Jelas

      NERACA   Jakarta - Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dikabarkan berniat mengakuisisi 40% saham PT Bank Danamon…

Ada Kemungkinan The Fed Naikkan Bunga di Desember

    NERACA   Jakarta - Federal Reserve AS berada di jalur untuk menaikkan suku bunga acuannya pada Desember, meskipun…

BPJS dan BJB Kerjasama Pembiayaan Tagihan Fasilitas Kesehatan

      NERACA   Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Bank BJB dalam hal…