Mengayuh Keuntungan dari Uniknya Sepeda Fixie

NERACA

Semakin banyaknya masyarakat yang ingin memilikinya akan menambah permintaan sepeda fixie, tentu saja membuka peluang bisnis, baik sebagai perakit sepeda fixie atau bisnis yang hanya memperdagangkan sepeda fixie.

Keunikan sepeda fixie karena pemilik dapat merakit komponen sepeda sesuai dengan selera dan anggaran yang dimiliki. Harga rakitan sepeda fixie memang beragam mulai dari sekitar Rp 1,5 juta hingga di atas Rp10 juta.

Bila anda berminat berwirausaha terkait kebutuhan sepeda fixie antara lain toko penjual komponen, perakit sepeda, bengkel perbaikan dan modifikasi, penjual aksesori termasuk topi, sarung tangan, kaos, sepatu, dan lainnya, memulai bisnis sebagai pedagang dan perakit sepeda fixie adalah pilihan yang tepat.

Dalam bisnis sepeda fixie, permodalan sangat variatif. Bagi anda yang berminat namun terkendala oleh modal dapat memilih sebagai penyedia layanan modifikasi sepeda fixie yang tidak membutuhkan biaya terlalu besar karena hanya butuh tempat, pengetahuan tentang komponen dan cara modifikasinya serta satu set sepeda fixie sebagai contoh awal.

Para pelaku penyedia layanan modifikasi, umumnya hanya bermodalkan seharga satu set sepeda fixie yang berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Seringkali konsumen menginginkan hal yang simple yaitu membeli terlebih dahulu komponen yang diinginkan, dan baru kemudian membutuhkan orang yang bisa merakitnya.

Menurut pemerhati sepeda, trend sepeda fixie masih akan bertahan beberapa tahun lagi. Dan saat ini tingkat persaingan dari usaha perakitan sepeda fixie belum terlalu ketat. Sehingga peluang untuk berwirausaha terkait sepeda fixie masih terbuka.

Bisnis merakit sepeda termasuk bisnis bermodal kecil dengan potensi laba menggiurkan. Bermodal sepeda bekas seharga Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu plus biaya untuk spare part dan cat, sepeda fixie atau yang biasa dikenal dengan sebutan fixed gear bisa dijual seharga Rp 2 juta.

Bahkan ada yang bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari desain serta kualitas suku cadangnya. Yang harus diperhatikan bila Anda tertarik untuk menekuni bisnis ini adalah pengetahuan mengenai harga serta kualitas suku cadang.

Untuk memiliki fixie, Anda bisa membeli jadi. Namun pilihan lainnya adalah merakit sendiri atau memodifikasi dari sepeda bekas. Harga sepeda fixie baru relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu, sedangkan harga sepeda fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai Rp 1,5 juta. Harga sepeda fixie yang cukup lumayan, sekitar Rp 2,5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta.

Sedangkan tipe sepeda fixie bermerek, umumnya berada di atas Rp 4 juta, tergantung komponen yang sedang tren, seperti harga sepeda Polygon Fixie Zenith FX 2011 yang dijual sekitar Rp 3,9 juta.

Sepeda fixie yang identik dengan gaya minimalis, murah dan tidak rumit. Sepeda ini tidak memiliki rem, pedal terus berputar selama roda menggelinding. Itulah sepeda yang sedang tren di kalangan muda sampai pekerja.

Menggunakan sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi untuk gaya hidup. Membangun sepeda fixie boleh dibilang gampang-gampang sulit, urusan komponen begitu banyak dan sebagian bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap. Hanya saja sepeda fixie lebih sederhana, ibarat kalangan muda dengan gaya tersendiri sehingga bisa membuat sepeda sesuka hati.

Ada dua pilihan yang umumnya dihadapi kalangan penggemar sepeda fixie. Pertama, membeli sepeda siap pakai atau kedua membeli lalu merakit, memodifikasi sesuai keinginan bentuk dan style sepeda fixie.

Bila anda membeli sepeda fixie siap pakai, tentu saja anda akan menghemat waktu dan tenaga, harga tergantung hati dan budget. Pilihan ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot. Harga relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu.

Namun bila anda ingin merakitnya, maka modifikasilah dari sepeda bekas. Hal ini lebih merepotkan, tapi ketika jadi akan memenuhi harapan si pemilik. Membeli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan dicat sendiri. Atau bisa juga menggunakan frame sepeda balap lama.

Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda fixie yang simpel. Untuk ukuran rangka sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata-rata sepeda fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukkan hub jenis 700c yang lebih kecil. Untuk masalah warna sepenuhnya akan mengikuti selera.

Komponen sepeda Fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau mengganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa.

Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan agar lebih seru. Beli frame polos lalu dicat sesuka hati pemiliknya. Velg atau Rim Fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak di pasaran.

Urusan Stang sepeda Fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap di antara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh. Yang pasti , karena mengikuti gaya minimalis. Sepeda Fixie memang ringan. Rata-rata beratnya tidak lebih dari 11 kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.

BERITA TERKAIT

IMBEX 2017 Hadirkan 300 Brand dari 5 negara

    NERACA   Jakarta - Reed Panorama Exhibitions bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan didukung…

Pertemuan IMF dan World Bank Bakal Beri Keuntungan untuk Indonesia

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia menyatakan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia yang berlangsung…

Medco Naik Peringkat Dari Negatif Jadi Positif - Komitmen Lunasi Utang

NERACA Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) memperoleh peringkat idA+ dari lembaga rating PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tengok Kesegaran Usaha Minman Teh dari Thailand

Bisnis minuman tidak pernah berhenti dari inovasi baru. Kali ini sedang tren minuman teh asal Thailand atau sering disebut thai…

Rasakan Untung dari Usaha Ayam Geprek

Meski makanan olahan ayam terus bermunculan, tapi tidak mengurangi peminantnya untuk mencoba bahkan langsung diserbu oleh peminantnya. Salah satu menu…

Strategi Menjalankan Bisnis Agar Sukses

Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut berjalan dengan sukses. Umumnya, bisnis yang sukses adalah bisnis yang berhasil…