Berlibur Sekaligus Umrah ke Mekkah - Wisata Rohani ke Tanah Suci

NERACA

Berlibur mungkin menjadi pilihan yang tepat, kepadatan jalan-jalan di perkotaan dan rutinitas sehari-hari memang membuat kita jenuh dan bosan bila harus berlibur di kota yang sama pula. Tidak banyak yang menyadari pentingnya berlibur untuk diri kita, selain bisa menyegarkan pikiran kita yang sudah lelah dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Berlibur juga memberikan relaksasi yang baik untuk diri kita, tentunya dengan perencanaan liburan dan lokasi liburan yang tepat.

Merencanakan liburan memang gampang-gampang sulit, banyak sekali yang harus kita persiapkan dengan matang, dengan perencanaan yang tepat liburan kita akan berjalan maksimal, karena tidak hanya satu dua hal saja yang harus kita persiapkan.

Banyak sekali yang harus kita persiapkan. Yang paling pertama adalah mempersiapkan hari liburan yang tepat, di tengah rutinitas yang ada dan kepadatan pekerjaan mungkin kita akan sedikit kerepotan untuk mengatur jadwal liburan kita. Usahakanlah sudah mengatur ini sejak lama, jadi kantor atau perusahaan tempat kita bekerja bisa memikirkan ini dan menyiapkan hari libur untuk anda.

Pemilihan lokasi liburan yang berikutnya, memilih lokasi berlibur tidak begitu sulit. Kita hanya perlu merundingkan bersama teman-teman atau keluarga untuk memilih lokasi yang tepat. Tetapi mungkin kita jenuh liburan yang biasa-biasa saja, atau bingung mau pergi berlibur ke mana.

Umrah mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat, perjalanan religius terkadang lebih dipilih oleh sebagian orang menyambut bulan suci Ramadhan. Memang tak ada salahnya menggabungkan wisata dan beribadah, selain menjadi pilihan yang menarik, dengan umrah kita memperoleh nilai pahala dari ibadah umrah. Kita juga berkesempatan mengunjungi dan berziarah ke sejumlah tempat-tempat bersejarah di Mekkah dan Madinah.

Berlibur ke luar negeri sebenarnya lebih mudah dan tidak begitu merepotkan, beberapa agen travel sudah bertebaran di mana-mana, kita hanya tinggal menyiapkan dana saja dan perlengkapan yang harus kita bawa.

Sebagian travel yang menangani paket umrah memberikan penawaran harga dan service yang sangat bervariasi, termasuk tempat-tempat bersejarah dan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, sebagian travel juga bahkan menawarkan paket ziarah ke Mesir sebelum atau sesudah melaksanakan umrah, namun semuanya tetap bergantung kepada kita dan kesanggupan biaya kita. Namun kita harus tetap menghitung biaya yang harus kita keluarkan. Jangan sampai berlebihan dan terkesan boros atau buang-buang uang.

Tidak banyak yang tahu apa itu umrah, khususnya orang-orang yang tidak memeluk agama Islam.

Umrah sendiri berarti kunjungan atau ziarah dengan cara tertentu. Namun sebagian orang banyak mengatakan dan menyebutkan bahwa umrah adalah haji kecil. Waktu untuk berumrah memang sangat fleksibel, bila dimungkinkan ibadah umrah dapat dikerjakan di musim haji. Bisa juga dilakukan di luar musim haji, hal ini bebas dilakukan asal ada kemudahan biaya dan kemudahan kesempatan saja.

Tidak begitu ribet, tata cara umrah cukup mudah, dimulai dengan memakai pakaian ihram dari tempat miqat, dilanjutkan dengan tawaf mengelilingi Ka’bah, terus sa’i dari Shafa ke Marwah, setelah itu diakhiri dengan tahalul (memotong rambut).

KotaMekkah sendiriterletak sekitar 600 km sebelah selatan kotaMadinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah. Kotanya merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung gunung dengan bangunan Ka’bah sebagai pusatnya. Dengan demikian, pada masa dahulu kota ini rawan banjir bila di musim hujan sebelum akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini dan merenovasi kota ini.

Seperti pada umumnya kota-kota di wilayah Arab Saudi, kota ini beriklim gurun.

Perjalanan umrah memang tidak hanya perjalanan rohani saja, di sana banyak tempat-tempat yang indah yang bisa kita kunjungi. Tak hanya itu, banyak pula yang memperdagangkan barang dagangan di pasar-pasar dan kita bisa belajar banyak juga mengetahui kultur yang ada di sana. Di Mekkah sendiri terdapat dua tempat miqat yang cukup dekat.

Pertama adalah Tan’im terletak di jalan menuju ke Madinah, lokasinya sekitar 6 km dari Masjidil Haram, menuju ke sana kita dapat menggunakan taksi atau angkot dengan membayar sekitar 10 riyal per orang.

Kedua adalah Ji’ranah yang letaknya 15 km arah Timur Laut Mekkah melalui jalan As-Sail ke arah Qarnul Manazil. Menuju ke lokasi miqat Ji’ranah ini karena jarang angkot, biasanya travel agen sudah menyiapkan kendaraan untuk kita di sana. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi mencari kendaraan saat di sana.

Jabal Nur memang menjadi salah satu tempat tujuan yang sangat diminati. Terletak kurang lebih 6 km di sebelah utara Masjidil Haram. Di puncaknya terdapat sebuah gua yang dikenal dengan nama Gua Hira. Diceritakan di gua inilah Nabi Muhammad saw menerima wahyu, di sini juga Nabi Muhammad saw pertama kali melihat wujud asli malaikat Jibril. Nilai historis memang menjadi suatu yang mahal harganya di sana. Salah satu tempat yang memiliki nilai historis yang tidak kalah pentingnya ialah Jabal Rahmah, di tempat inilah diceritakan pertama kalinya Nabi Adam dan Siti Hawa dipertemukan di bumi.

Banyak sekali tempat bersejarah di Mekkah dan Madinah yang wajib kita kunjungi dan datangi selepas kita umrah, karena keindahannya dan sejarahnya, akan sangat rugi bila tidak kita kunjungi. Bukit Thursina di Gurun Sinai untuk ziarah ke Jabal Musa, dan beberapa makam nabi di lokasi itu seperti Makam Nabi Harun adalah salah satu tempat yang sangat indah dan wajib dikunjungi. Tempat ini berada di Mesir, pastikan juga kepada travel agen perjalanan kita sampai ke Mesir.

Mengunjungi Cairo, jangan lewatkan masjid dua menara, yaitu Masjid Al Azhar dan pasar Al Khalili di sebelah masjid tersebut. Jadi kita bisa belanja-belanja untuk oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di rumah. Jangan sampai terlewatkan juga masjid Khalid bin Walid, piramid dan Museum Cairo di Tahrir Square, museum yang menyimpan mumi Firaun Ramses II yang tenggelam di Laut Merah.

BERITA TERKAIT

Ini Peringkat Teratas Tempat Wisata di Indonesia

Labuan Bajo menduduki peringkat teratas dalam daftar Destinasi Wisata Pilihan Pembaca, untuk tahun 2018. Kawasan perairan yang berada di Flores…

Tarif Ganda Parkir di Tanah Abang

Parkir Motor di area Blok F dan G dikenakan dua kali tarif parkir, yakni pada saat masuk area parkir pengunjung…

Perlu JPO Stasiun Tanah Abang ke Pasar

Mohon dengan sangat, untuk di daerah sekitar Stasiun Tanah Abang, mohon dibuatkan jembatan penyebrangan orang (JPO) agar para penumpang KRL…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Target Kunjungan Wisman Ke Indonesia Meleset - Gunung Agung Bergejolak

Bencana alam meletusnya Gunung Agung di Bali pada pertengahan November 2017 menjadi alasan tak tercapainya target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)…

Surga Surfing di Pantai Nembera

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mengunjungi Kabupaten Rote Ndao usai melaksanakan berbagai kegiatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bersama Ibu…

Dua Kampung Kopi Dikembangkan di Kulon Progo

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini sedang mengembangkan objek wisata Kampung Kopi di Madigondo, Desa Sidoharjo dan…