Djogja International Classic Bike Show 2012 - Hadirkan Slalom Test dan Kontes Motor Antik

 NERACA

Motor antik, motor tua atau lazimnya dikenal sebagai motor klasik tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Keberadaan ragam jenis motor antik di Indonesia memiliki latar belakang yang kompleks, di antaranya sebagai alat transportasi,  operasional militer dan bahkan sebagai penanda status sosial. Hal inilah yang menjadikan populasi motor antik di Indonesia sangat besar, bahkan sempat tercatat sebagai salah satu negara dengan populasi motor antik terbesar di dunia.

Rentang tahun 1970-an populasi motor antik di Indonesia menurun drastis, sebagai akibat dari kegiatan spekulan yang menjual motor antik secara besar-besaran ke luar negeri. Fakta inilah yang mendasari terbentuknya Motor Antique Club (MAC) Jogjakarta pada tahun1979, sebuah komunitas yang tidak hanya menjadi ajang berkumpulnya penggemar motor antik, lebih dari itu MAC mempunyai tujuan menjaga, melestarikan dan menularkan kecintaan terhadap motor antik kepada khalayak luas, “jangan mengaku kaya sebelum punya motor tua,” kata Yuli Hartono selaku pendiri MAC yang akrab dengan panggilan Genduk, di sela-sela latihan slalom test motor klasik.

Tahun 2012 memiliki makna khusus bagi komunitas MAC, setelah 33 tahun berdiri MAC ingin lebih menggaungkan nama bangsa Indonesia ke dunia internasional sebagai bangsa yang memiliki sejarah dan kekayaan khasanah motor antik. Keinginan ini dilebur melalui gelaran prestisius Djogja International Classic Show Bike Show yang rencananya akan digelar 23-24 Juni 2012 ini di JEC Yogyakarta.

           Salah satu yang menarik dari acara ini adalah untuk pertama kalinya dihelat kompetisi Slalom Test Motor Klasik memperebutkan Piala Radja (Sri Sultan Hamengku Buwono X) yang mempertandingkan beberapa kategori : 50 - 124cc, 125 - 249 cc, 250 - 349 cc, 350 - 499cc,  500 up dan kelas Sespan (Pengendara + Boncenger Sespan), nominal uang pendaftaran disesuaikan dengan kelas dan kategori fasilitas peserta : Tshirt dan Piagam.

Menurut Roy Hendromarto selaku koordinator perlombaan, kompetisi ini terbuka untuk seluruh penggemar motor klasik. Peserta diharuskan lolos prasyarat perlombaan dan uji scrutineering, di antaranya adalah peserta diharuskan mengendarai motor klasik produksi Eropa atau Amerika tahun produksi  <1970, non skuter. Selain itu peserta diwajibkan mengenakan piranti berkendara sesuai dengan standar keamanan berkendara : jaket, sarung tangan, helm SNI dan sepatu. Peserta diperbolehkan melakukan ubahan mesin sesuai dengan batasan cc perkelas, tidak diperbolehkan memasang rem cakram (discbreak).

Sementara itu Lulut Wahyudi yang didaulat menjadi ketua panitia acara berpendapat acara motor klasik akan menjadi sebuah wacana edukasi dan menghadirkan sensasi tersendiri ketika ditampilkan dengan kemasan yang khusus.

”Pada tahun pertama ini untuk regulasi kompetisi, panitia masih menerapkan asas kesepahaman yang dikelola secara profesional dengan kaidah-kaidah kompetisi yang sportif, di masa mendatang semoga ini menjadi embrio bagi kompetisi slalom dan parade motor klasik, membawa manfaat yang luar biasa untuk kemajuan dunia pariwisata dengan memperkenalkan khasanah motor klasik Indonesia  kepada dunia,” tandas Lulut, builder internasional yang juga penggemar motor antik.

Selain Slalom Test acara ini juga menampilkan Kontes Motor Klasik yang mempertandingkan kategori sebagai berikut : Vintage (1900 – 1930), Classic  (1931 – 1945), Post War (1946 – 1953), Golden Era (1954 – 1973), Scooter & Japan Classic (<1959). Pendaftaran peserta Rp.  300.000, - dengan fasiliats Tshirt, Piagam & Stiker) memeperebutkan hadiah Uang Tunai dan  Trophy , untuk kategori Best People Choice mendapat  anugerah khusus Piala Radja (Sri Sultan Hamengku Buwono X).

 

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…