free hit counter

Tips Memilih Reksa Dana

Sabtu, 02/06/2012

NERACA

Reksa dana bisa didefinisikan sebagai sarana investasi untuk meraih tujuan keuangan yang bervariasi, bisa jangka pendek dan jangka panjang. Dua hal yang harus dilakukan sebelum berinvestasi ialah menetapkan tujuan keuangan dan jangka waktu yang diperlukan dalam mencapainya, tutur pengamat pasar modal Satrio Utomo, Senin (28/05).

Berikut sekilas petunjuk berinvestasi dalam bentuk reksadana yang bisa dibagi dalam lima poin ringkas seperti.

Kenali Profil Risiko
Agar mudah dalam membuat alokasi investasi, kenali tipe profil risiko Anda: konservatif, moderat, atau agresif. Bagi yang konservatif, bisa menggunakan reksa dana saham dan campuran. Bagi yang moderat, bisa mencoba reksa dana saham dan campuran pada awalnya, lalu berkembang ke reksa dana saham dengan menambah porsinya secara bertahap.

Diversifikasi Reksa Dana
Diversifikasi reksa dana dengan membeli dari beberapa manajer investasi (MI) untuk menekan risiko yang ada. Pilih MI dengan pengalaman yang memadai dalam menerbitkan dan mengatur reksa dana setidaknya selama tiga tahun.

Susun Perencanaan

 Bagi yang ingin hasil maksimal, perencanaan keuangan harus dilakukan. Dengan disusunnya perencanaan keuangan yang baik, Anda akan dapat menentukan dana yang dialokasikan. Perencanaan keuangan biasanya mencakup kalkulasi biaya asuransi, dana darurat, perencanaan waris atas aset dan kekayaan Anda.

Disiplin Dalam Membeli Next