Data AISI : - Yamaha V-Ixion Paling Laris

NERACA

Ketangguhan Yamaha di segmen sport pasar otomotif roda dua Tanah Air masih tak tertandingi. Yamaha tetap memimpin penjualan di kategori itu dengan terjualnya 38.183 unit motor sport di bulan April.

            V-Ixion terus menjadi motor sport paling laris di Indonesia. Berdasarkan data AISI (Asosiasi Sepeda motor Indonesia), ada peningkatan penjualan V-Ixion di bulan April sebanyak 10 persen, dari 22.886 unit menjadi 25.097 unit. Selain V-Ixion, Byson berkontribusi 11.975 unit dan Scorpio 1.111 unit. Setahun sebelumnya di bulan April 2011, V-Ixion terjual 18.903 unit, artinya ada kenaikan 33 persen dibandingkan April tahun ini.

            Total penjualan segmen sport Yamaha dari Januari hingga April tahun ini tercatat sebanyak 139.583 unit dan V-Ixion menyumbang 88.221 unit, Byson 47.200 unit dan Scorpio 4.162 unit. Ada peningkatan 33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. ”Motor sport Yamaha sudah dipercaya konsumen sejak dulu dan adalah komitmen Yamaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen tetap ditingkatkan. Inilah kunci Yamaha tetap terdepan di segmen sport,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Soul GT Naik 1.632 Persen

Sementara itu, matik masih menjadi penyumbang terbanyak untuk penjualan Yamaha di bulan April 2012. Total penjualan mencapai 236.185 unit. Kontribusi terbanyak diperoleh dari kategori matik yang menyentuh angka 146.004 unit atau naik 3 persen dari bulan sebelumnya. Peningkatan ini banyak terdongkrak dari fantastisnya penjualan Soul GT. Matik macho lelaki itu berhasil mencuri perhatian konsumen satu bulan setelah peluncuran resminya. Dari hanya 2.024 unit di bulan lalu menjadi 35.052 unit di bulan April, atau ada kenaikan 1.632 persen. Mio J CW FI Teen juga menambah penjualan Yamaha di bulan lalu lewat kontribusi 57.133 unit dari 31.626 unit di Maret, artinya ada kenaikan 81 persen.

Kekuatan tiga matik baru Yamaha sendiri yaitu Mio Fino, Mio J dan Soul GT memperlihatkan peningkatan penjualan dari 104.679 unit di Maret menjadi 132.719 unit sebulan sesudahnya, atau mengalami kenaikan 27 persen. Rinciannya, Mio Fino 26.064 unit, Mio J 71.603 unit dan Soul GT 35.052 unit.

Sensasi Matik Yamaha Menyasar Daerah Pedalaman

Sudah sebulan event Sensasi Matik Yamaha (SMY) berjalan, efeknya berimbas positif terhadap promosi segmen matik Yamaha. Masyarakat di daerah-daerah pedalaman yang disasar pun semakin mengenali produk baru Yamaha di kategori itu.

SMY memang fokus merangkul masyarakat yang jauh dari kota-kota besar. Terlihat dari lokasi pelaksanaannya di wilayah terpencil. Seperti weekend lalu, Sabtu dan Minggu (12 dan 13 Mei) di Kecamatan Kampit, Belitung, Sumatera. Masyarakat setempat antusias mengikuti berbagai kegiatan SMY khususnya test ride Mio J dan Mio Fino. Sebanyak 252 orang ikut di dalamnya. ”Karena mereka sudah sangat mengenal Mio, kehadiran Mio J dan Mio Fino mudah diterima. Dari hasil test ride, mereka suka performance Mio J tarikannya enak dan juga halus mesinnya. Sedangkan Mio Fino desainnya fashionable, cocok buat wanita,” sebut Bima Gamadita dari bagian promosi Yamaha.

 Keunggulan Mio J menarik minat warga Belitung dan juga Bangka yang banyak berprofesi sebagai buruh di pertambangan timah. Ketangguhan matik berteknologi Fuel Injection cocok sebagai sarana transportasi menembus hutan-hutan yang menjadi tempat kerja para buruh.

Sementara, di hari yang sama SMY juga berlangsung di Kecamatan Kekalit, Mataram. Test ride sebagai bagian dari SMY dilakukan sebelum event (9 – 11 Mei) yang diikuti 20 sampai 30 orang per hari dan saat hari H ada 70 orang. Berbagai acara menarik disuguhkan Yamaha, mulai dari hiburan musik, lomba menggambar anak-anak dan kegiatan tradisional seperti lomba Peresean dan kesenian Gedang Beleq. ”Warga sangat antusias karena jarang diadakan acara di sini. Target penjualan Mio J juga hampir tercapai, 29 unit. Kami targetkan per lokasi event ini terjual 30 unit,” ucap Teddy Candra dari bagian promosi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ada 10 lokasi diadakannya SMY di NTB. Pekan depan di Kecamatan Dasan Agung yang diprakirakan paling meriah dan akan menuai banyak penjualan. Karena daerah itu dekat kota, mayoritas Pegawai Negeri Sipil (PNS) tinggal di situ, tempat asal Walikota setempat dan banyak universitas berdiri di sana. (resa)    

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…