Keindahan Abadi dalam Sebuah Rumah Klasik

Desain rumah klasik adalah desain rumah yang sangat abadi dan tidak hilang dimakan oleh zaman. Rumah Klasik Romawi adalah salah satunya, rumah Bergaya klasik ini sangat di gemari semenjak belum ada desain minimalis hingga kini rumah klasik ala Romawi masih menempati salah satu desain yang sangat diminati.

NERACA

Hal ini dikarenakan rumah klasik rumah lebih terlihat mewah dan menonjolkan aksen menawan juga megah. Rumah bergaya klasik cenderung di bangun dalam bentuk yang besar dengan lahan yang cukup luas.

Rumah klasik gaya Romawi merupakan rumah klasik yang paling sering dipakai oleh orang yang tergolong menengah keatas.  Anggapan ini keluar akibat mahalnya ornamen-ornamen yang ada dan pemilihan barang-barang yang memperlihatkan unsur klasiknya itu cukup sulit dicari dan juga cukup mahal harga-harganya. Ciri utama rumah klasik Romawi adalah pilar yang cukup besar untuk menopang sekaligus memberi kesan rumah megah di dalam gedung.

Ornamen serta kusen pintu dan jendela dibuat dengan sentuhan seni Yunani dan Romawi yang tinggi dan besar. Hal ini karena eksterior merupakan aspek penting dari gaya rumah klasik. Rumah klasik romawi biasanya memiliki tata letak yang tidak teratur dari jendela. Memang sangat penting sekali memilih ornamen yang tepat untuk rumah klasik kita, pemilihan dan penataan ornamen yang tepat akan membuat aksen klasik terlihat sekali, namun bila salah memilih ornamen, konsep rumah menjadi tidak jelas dan merusak unsur klasiknya.

Ciri khas klasik lain adalah cupola atau semacam kubah kecil berbentuk segitiga. Atap ini semakin menghadirkan nilai kemegahan pada rumah klasik. Detil arsitektur klasik berikutnya adalah dua ornamen oval pada dinding bagian atas dan ornamen setengah lingkaran di antara kedua ornamen tersebut.

Balkon yang luas dan menonjol ke depan dengan railing dari susunan tiang-tiang baluster berbentuk seperti botol makin membuat desain rumah klasik romawi terlihat mewah. Seluruh kusen jendela ditambah dengan fan light lengkung dan teralis model sarang laba-laba.

Meskipun saat ini tren arsitektur telah beralih pada konsep yang lebih modern seperti minimalis namun, hal tersebut tidak dapat menggeser desain rumah klasik.

Ya, tema klasik tetap mampu mencuri perhatian sebagian masyarakat khususnya di daerah perkotaan.

Rumah-rumah bergaya klasik di antaranya rumah Victorian, Italian, dsb. Desain rumah klasik adalah sebuah desain yang mampu memunculkan kesan mewah dan elegan, apabila dibuat dengan konsep yang matang. Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan dalam desain rumah klasik adalah pemilihan warna cat.

Sama seperti memilih warna untuk gaya rumah yang lainnya, dalam menentukan warna untuk rumah klasik sebaiknya sesuaikan dengan tema yang digunakan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lingkungan tempat rumah Anda berada.

Walaupun Anda menginginkan hunian yang tampil berbeda, Anda tetap harus menyesuaikan dengan bangunan lain di sekitar rumah Anda. Selain itu, menentukan warna yang sesuai juga sangat penting.

Memilih warna putih klasik mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, warna putih klasik sangat sesuai untuk desain rumah klasik terutama gaya Romawi. Warna klasik ini membuat Anda lebih bebas berkreasi dengan warna-warna lain sebagai aksennya. Aksen terbaik bagi warna ini adalah warna-warna terang, gelap, atau warna-warna lain yang kontras dengan putih. Hanya saja, jangan menggunakan warna netral sebagai aksen. Paduan warna netral dengan putih menghasilkan warna yang mati, sehingga rumah Anda akan terlihat suram dan kurang menarik.

Tan/Beige adalah warna yang netral, netral seperti tan/beige juga merupakan pilihan tepat untuk desain rumah klasik. Berbeda dengan warna-warna gelap seperti yang banyak diaplikasikan pada gaya Victorian, beige/tan cenderung lebih netral dan menarik. Tambahkan warna-warna deep sebagai aksen pada pintu, jendela, atau beberapa bagian rumah lainnya agar terlihat lebih atraktif.

Selain kedua warna tersebut di atas, Anda juga dapat mencoba biru slate. Warna biru keabu-abuan ini membantu Anda dalam menciptakan kesan dingin. Warna ini juga merupakan pilihan masyarakat Inggris pada era klasik. Warna biru juga dapat memunculkan kesan tenang pada desain rumah klasik Romawi Anda.

Warna lain yang bisa Anda gunakan untuk mendesain rumah klasik adalah Hitam, kuning, hijau, cokelat, dan sebagainya. Warna-warna tersebut adalah paduan warna klasik yang sudah digunakan sejak dulu.

Dekorasi Interior rumah klasik romawi biasanya menggunakan Tirai Besar unik khas kerajaan Romawi. Lampu gantung dengan ukiran dan berbentuk melingkar menjadi aksesoris yang tak bisa ditinggalkan dalam rumah klasik.

Furniture seperti kursi dari kayu dengan ukiran gaya kuno ditambah lemari dan cabinet yang besar juga membuat mata yang melihat pasti terkesan. Luar biasa. Rumah klasik Romawi. Namun semuanya kembali lagi kepada selera masing-masing, karena rumah terkadang melambangkan kepribadian dan karakter diri, jadi ada baiknya memilih dan mendesain rumah dengan konsep yang matang dan juga sesuai dengan selera kita, agar kita lebih terpuaskan. (bias)

 

BERITA TERKAIT

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…