Laba Bersih Mandom Terkoreksi 18,99%

NERACA

Jakarta – Sepanjang tahun 2019, PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) mencatatkan laba bersih belum audit sebesar Rp145,15 miliar atau turun 18,99% dbanding tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp179,1 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Kata Sekretaris Perusahaan Mandom Indonesia, Alia Dewi, angka laba bersih belum audit akan disampaikan dalam pertemuan umum dengan agen dan perwakilan, serta pemangku kepentingan, seperti pemegang saham pada tanggal 21 Februari 2020.”Pertemuan ini merupakan pertemuan yang diselenggarakan setiap tahunnya,”ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan itu akan dipaparkan hasil penjualan tahun 2019 yang tercatat sebesar Rp2,8 triliun. Dengan rincian, penjualan domestik Rp2,05 triliun dan ekspor sebesar Rp752,86 miliar. Kedepan, produsen kosmestik ini menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 5 - 10% sepanjang tahun 2020. Hal itu ditopang perolehan penjualan tahun 2019.

Kemudian mengejar pertumbuhan penjualan tahun ini 5%-10%, perseroan terus membaca peluang pasar dalam negeri dengan menghadirkan produk-produk baru, khususnya produk kosmetik wanita agar tidak ketinggalan kompetisi. Apalagi, emiten kosmetik ini memiliki target pasar penduduk usia produktif berumur 17 tahun ke atas. Namun sayangya, Alia belum mau membeberkan berapa produk baru yang akan diluncurkan pada nantinya.

Yang pasti, produk kosmetik baru untuk wanita jumlahnya diperkirakan akan lebih mendominasi produk-produk baru yang akan dikeluarkan oleh PT Mandom Indonesia Tbk. Menilik laporan keuangan perusahaan, segmen produk kosmetik wanita menjadi penyokong utama pendapatan PT Mandom Indonesia Tbk. Sepanjang Januari - September 2019 misalnya, penjualan produk kosmetik wanita tercatat sebesar Rp 1,22 triliun atau setara dengan 56,75% dari total pendapatan perusahaan pada periode tersebut.

Selain meluncurkan produk, perusahaan juga akan menggencarkan kegiatan pemasaran baik melalui kanal-kanal media seperti televisi dan platform digital maupun melalui cara-cara pemasaran lainnya. Sejauh ini, Mandom belum berencana menambah kapasitas produksi lantaran masih memiliki sisa kapasitas kalau-kalau permintaan membludak. Menurut keterangan Alia, saat ini tingkat utilisasi produksi perseroan berada di level 70%. Namun Alia mengaku belum bisa membocorkan besaran anggaran belanja modal ataupun target bisnis Mandom untuk tahun 2020 lantaran masih melakukan konsolidasi internal.

 

BERITA TERKAIT

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

Kenaikan BI-Rate Positif Bagi Pasar Modal

NERACA Jakarta  - Ekonom keuangan dan praktisi pasar modal, Hans Kwee menyampaikan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

Kenaikan BI-Rate Positif Bagi Pasar Modal

NERACA Jakarta  - Ekonom keuangan dan praktisi pasar modal, Hans Kwee menyampaikan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate…