Pencarian Properti Secara Online Masih Didominasi Millenial - Pada 2019

Pencarian Properti Secara Online Masih Didominasi Millenial  

Pada 2019

NERACA

Jakarta - Country Manager rumah123.com Maria Herawati Manik mengungkapkan konsumen yang mencari rumah dan apartemen di situs tersebut selama 2019 masih didominasi kalangan millenial.

"Kalau secara demografis umumnya konsumen yang mencari di situs Rumah123.com masih didominasi umur 25-35 tahun. Jadi umurnya di rentang kalangan millenial," ujar Maria di Jakarta, Kamis (6/2). 

Selain itu Maria juga menambahkan bahwa secara total pencarian yang terjadi di Rumah123.com selama 2019 mengalami kenaikan sebesar 27 persen."Kalau kita melihat pembagiannya untuk rumah sendiri mengalami kenaikan 34 persen, apartemen agak mengalami sedikit penurunan kurang lebih 10 persen, dan demikian juga dengan tanah sebesar dua persen," katanya.

Dalam paparannya, Country Manager rumah123.com itu menyampaikan bahwa peminat untuk rumah berdasarkan kisaran harga selama 2019 masih didominasi pencarian rumah di harga kisaran Rp1 miliar hingga Rp2 miliar sebanyak 22,8 persen, kemudian rumah di harga kisaran Rp2-5 miliar sebanyak 21,5 persen, dan harga rumah di kisaran Rp500 juta-Rp1 miliar sebanyak 20,8 persen. 

Sedangkan untuk peminat apartemen berdasarkan kisaran harga selama 2019 masih didominasi pencarian apartemen dengan harga di bawah Rp300 juta sebesar 44,3 persen, kemudian apartemen di kisaran harga Rp500 juta - Rp1 miliar sebesar 18,2 persen lalu apartemen di kisaran harga Rp300 - 500 juta sebesar 15,5 persen.

Dengan demikian rumah123.com melihat bahwa sentimen konsumen ternyata memiliki kebutuhan untuk harga apartemen di bawah Rp1 miliar.

"Prediksi kami adalah mungkin untuk apartemen bagi early investment, di mana mereka mungkin lebih invest di apartemen yang mungkin harganya tidak terlalu berisiko dan tentunya masih terjangkau." kata Maria. 

Kemudian Maria mengungkapkan tantangan yang perlu dijawab oleh pengembang dan agen real estate saat ini adalah meyakinkan millenial untuk bisa memilki tempat tinggal atau hunian."Tantangannya adalah meyakinkan mereka, karena millenial ini memiliki banyak sekali kebutuhan mengingat mereka dalam gaya hidupnya sangat experiential," ujar Maria.

Maria mengatakan bahwa di sinilah peran dari pengembang dan agen real estate untuk bisa menjawab keinginan kalangan millenial, seperti apa yang mereka butuhkan. Menurut dia, untuk peluangnya ke millienal, pihaknya melihat mereka itu sebetulnya lebih tertarik pada rumah yang simpel namun bisa diubah atau dikonversi. 

Artinya pada saat yang sama rumah itu bisa mereka tempati, namun untuk soal luas hunian tidak menjadi permasalahan pada tahap awal ketika mereka mau investasi, selama desainnya cukup, bisa memenuhi kebutuhan, dan juga mungkin dapat dijadikan sebagai tempat usaha.

"Hal-hal ini yang seharusnya bisa ditangkap oleh pengembang," kata Country Manager rumah123.com tersebut.

Maria menilai untuk millenial sendiri, mereka mempunyai banyak sekali kesempatan di tahun 2020, karena saat ini industri yang sedang giat-giatnya mereka jalankan adalah semua hal yang berhubungan dengan industri ekonomi kreatif.

"Kalau kita melihat secara income group sebenarnya income group untuk Millenial apalagi mereka yang memiliki bisnis berkaitan dengan ekonomi kreatif, income group mereka sudah lebih baik dibandingkan rata-rata income group nasional. Jadi sebenarnya peluang untuk Millenial di sini cukup besar pada tahun 2020," ujarnya. Mohar/Ant

 

 

BERITA TERKAIT

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…