Aset Bank Papua Capai Rp14,3 Triliun

NERACA

Jayapura---Total aset Bank Papua hingga 31 Maret 2012 mencapai Rp14,3 triliun yang tersebar di berbagai tempat di Tanah Papua, bahkan di Sulawesi dan Palau Jawa.

Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Papua, Eddy R Sinulingga, yang ditemui di Jayapura, Rabu mengungkapkan, kinerja Bank Papua terus tumbuh positif. Hal ini ditunjukan dengan total aset yang telah mencapai Rp14,3 trilun per Maret 2012.

Selain itu, kata dia, penghimpunan dana pihak ketiga juga mencapai Rp11,7 triliun dengan jumlah nasabah sebanyak 389.982 nasabah. "Total kredit yang disalurkan mencapai Rp5,5 triliun dengan jumlah nasabah 49.603 debitur," kata Eddy Sinunlingga.

Sinulingga mengatakan, selama dua tahun terakhir ini Bank Papua mengalami pertumbuhan yang cukup cepat, hal ini dimungkinkan terjadi karena meningkatnya kepercayaan nasabah kepada Bank Papua.

Selain itu, kata dia, juga pengendalian kualitas aset yang ketat dan pengendalian biaya efektif seperti tercermin dalam tingkat rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional yang terkendali sekitar 70%.

Dia menjelaskan, saat ini Bank Papua telah memiliki jaringan kantor sebanyak 129 unit yang didukung oleh 1.737 jumlah pegawai dengan total ATM sebanyak 160 unit, mesin Electronic Data Capture (EDC) 60 unit.

Dirut Utama Bank Papua mengatakan, arah pemgembangan bank tersebut ke depan difokuskan kepada perwujudan Bank Papua sebagai Regional Champion di tahun 2014. Upaya menuju Regional Champion itu, lanjutnya, dilakukan dengan memenuhi tiga pilar yakni ketahanan kelembagaan yang kuat, sehingga mampu beroperasi secara efisien, kemampuan tumbuh berkembang dan memiliki kemampuan sebagai agen pembangunan regional dalam rangka memdukung pembangunan ekonomi daerah serta kemampuan melayani kebutuhan masyarakat. **cahyo

Related posts