Rumah Minimalis dengan Dominasi Bahan Kayu

Neraca

Perkembangan jaman memang berjalan sangat pesat. Perkembangan jaman memang sangat mempengaruhi segala unsur yang ada, salah satunya adalah desain dan bentuk rumah. Salah satu desain rumah yang sedang naik daun ialah desain rumah minimalis. Filosofi dari makna minimalis itu sendiri adalah mewakili gaya hidup yang praktis, dinamis, ringkas, efektif dan efisien. Semua filosofi tersebut bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan termasuk arsitektur bangunan rumah, interior ruang, dan eksterior taman.

Konsep rumah minimalis itu sendiri adalah sebuah ekspresi sebuah gaya dan pola kehidupan masa sekarang yang serba cepat, simple, instan tetapi mengutamakan kualitas. Hal ini merupakan salah satu bentuk perlambangan kepribadian tatanan kehidupan, pola pikir dan idealisme manusia modern.Bertujuan meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan (eksterior dan interior) dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebih di dalam ruang tersebut.

Minimalis memang suatu desain yang menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian banyak ornamen dekoratif, pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang-ruang yang tercipta ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernik aksesori di dalamnya. Mengoptimalkan sirkulasi udara segar yang sehat dan pencahayaan sinar matahari yang berlimpah sehingga ruang menjadi terasa lega. Pemakaian bahan-bahan sederhana (unsur kesederhanaan yang kuat) bukan kemewahan dengan material mahal.

Penggunaan material alam (unsur keselarasan dengan alam) tetap bisa membuat bangunan rumah dan taman tetap bisa tampil lebih optimal. Dalam desain minimalis, rumah sangat mementingkankan unsur kebersihan sehingga lebih mengutamakan pada fungsional dengan corak yang cenderung lebih polos. Sisi luar (eksterior) sebuah bangunan rumah yang didesain dengan lebih sederhana sehingga terkesan bersih dan lapang. Cenderung menghindari design yang penuh dengan lekukan dan tonjolan yang melengkung serta menggunakan finishing warna grayscale yang sempurna.

Apakah anda berminat membangun sebuah rumah berdesain minimalis? Ada salah satu pilihan desain rumah minimalis yang hampir semuanya menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Bila anda berniat membuat desain sebuah rumah minimalis dengan bahan kayu sebagai komponen utamanya, makaada beberapa hal penting yang harus anda ketahui mengenai bahan kayu. Kayu merupakan bahan material bumi yang kini jumlahnya semakin menipis sehingga harganya di pasaran sangat mahal dan makin meningkat. Memiliki ide rumah kayu denganmodel minimalis tentunya memerlukan perencanaan yang baik dan koq nsep yang cerdas.

Membuat desain rumah minimalis yang berbahan kayu memang banyak yang harus diperhatikan, metode struktur yang efisien dan desain keseluruhan mengambil keuntungan dari ide-ide energi terbaru efisien dalam hal alat-alat dan pencahayaan. Masing-masing dari dua karakteristik permukiman pemanasan lantai bersinar, sistem pemulihan panas, pencahayaan LED, jendela berkaca ganda dan tungku pembakaran kayu di ruang tamu. Dan di atas dari itu semua, aspek visual mereka menjadi hal yg menyejukan.

Dalam membangun sebuah rumah berdesain minimalis, kita harus mengerti dan mengenal bahan-bahan yang akan menjadi komponen rumah kita. Ada beberapa sifat-sifat keutamaan kayu yang harus anda ketahui agar anda dapat lebih memaksimalkan rumah kayu anda. Sebagai bahan kontruski kayu memiliki tingkat flesksibilitas yang tinggi. Fleksibilitas kayu merupaan sifat yang membedakan material ini dengan bahan-bahan lainnya seperti bambu. Oleh karena itu anda tentunya tidak perlu khawatir terhadap desain rumah minimalis maupun bila anda berniat membuat pagar kayu rumah minimalis.

Bila lebih diperhatikan dan dicermati, kayu memiliki karakter yang berbeda, kayu lebih memperlihatkan kesan yang ramping. Anda bisa menggunakan material kayu sebagai dinding rumah. Namun tidak banyak orang menyadari kelebihan kayu sebagai dinding ruangan. Kebanyakan orang juga masih menggunakan kayu sebagai bahan parquet lantai. Selain terlihat lebih ramping, kayu ini juga cukup memiliki kekuatan yang sangat bagus, baik itu dalam keadaan cuaca panas maupun dingin.

Kita memang selalu membutuhkan rumah yang nyaman, yang juh dari kebisingan tentunya dapat membuat rumah kita akan terasa lebih nyaman. Salah satu kelebihan dari bahan kayu adalah dapat meredam suara pada bagian rumah yang terletak didaerah kebisingan, anda bisa memilih alternatif bahan kayu sebagai solusi anda dalam mengurangi ataupun mengisolasi suara sehingga rumah anda tetap tenang tanpa ada gangguan suara kebisingan dari jalan raya maupun kegiatan di luar rumah.

Tiga hal tersebut merupakan keutamaan sifat kayu yang dapat anda manfaatkan untuk rumah kayu minimalis anda. Ini adalah salah satu hal penting yang harus anda perhatikan saat membuat rumah minimalis berbahan kayu, memang masih banyak lagi yang harus diperhatikan. Yang terpenting adalah kenyamanan, karena itu semuannya kembali lagi ke pribadi masing-masing. Karena rumah memperlihatkan karakter dan kepribadian si pemilik, artinya sebaiknya kita memiliki perencanaan dan konsep rumah yang sangat cerdas juga baik, namun semuanya kembali lagi ke selera masing-masing.

Related posts