Bahana Tangani Tiga Obligasi Senilai Rp 1 Triliun

Maraknya perusahaan menerbitkan obligasi, memberikan berkah bagi PT Bahana Securities. Pasalnya, Bahana juga ketiban rezeki untuk memproses penerbitan tiga obligasi perusahaan sebagai penjamin emisi (underwriter).

Direktur Utama Bahana Securities Eko Yuliantoro mengatakan, emisi obligasi dari tiap klien Bahana di atas Rp 1 triliun, “Setelah BCA Finance, kami akan tangani tiga obligasi baru lagi,”katanya di Jakarta, kemarin

Dia menyebut, salah satu kliennya adalah PT Smart Tbk (SMAR), anak usaha Grup SinarMas yang bergerak di sektor telekomunikasi. Kabar yang beredar, SMAR tengah mencari dana dengan toal Rp 3 triliun.

Dalam penjaminan emisi obligaai SMAR, Bahan bermitra dengan sekuritas lain. Sebut saja, salah satunya OSK Nusadana Securities Indonesia. Permohonan penerbitan obligasi SMAR diketahui telah sampai ke Bursa Efek Indonesia.

Dua klien lain yang tengah digarap Eko adalah perusahaan di sektor keuangan dan sektor jasa. Sayangnya, Eko enggan menyebutkan identitasnya lebih jauh."Nilainya ada yang Rp 1 triliun dan yang satunya sekitar Rp 1,5 triliun. Tapi keduanya kalau tidak salah akan obligasi langsung, bukan obligasi berkelanjutan," tambah Eko.

Bahana sendiri membidik bisnis penjaminan emisi total Rp 15 triliun di 2012. Sampai April setidaknya sudah Rp 7,5 triliun emisi yang ditangani salah satu BUMN sekuritas ini."Kita sudah sampai setengahnya dari yang kami targetkan," imbuh Eko. (bhani)

Related posts