Toshiba Targetkan Penjualan Naik 25%

NERACA

Bekasi - Pabrikan elektronik Toshiba menargetkan penjualan televisi LED sebanyak 1,06 juta unit atau meraih pangsa pasar 25% dari total penjualan di tingkat nasional. Toshiba pun optimis target tersebut dapat terealisasi mengingat penjualan televisi pada tahun lalu mencapai 530.000 unit atau naik 463% bila dibandingkan dengan penjualan 2010 sebanyak 94.000 unit.

Jun Nishioka, Presiden Direktur PT Toshiba Visual Media Network Indonesia menuturkan, pangsa pasar Toshiba baru mencapai 11% pada 2010. Akan tetapi, Toshiba berhasil meningkatkan pangsa pasar menjadi 22% pada 2011. "Salah satu upaya kami bisa meningkatkan pangsa pasar adalah peluncuran Regza Power TV yang bisa mengakomodasi kebutuhan konsumen Indonesia," katanya di sela-sela acara Toshiba Factory Visit and Business Overview di Cikarang, Rabu (18/4).

Dia menjelaskan Toshiba akan fokus memproduksi televisi dengan teknologi LED yang dinilai lebih hemat energi berpadu dengan tampilan yang tipis. Menurut dia, peningkatan penjualan televisi secara nasional dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Jun menegaskan konsumen Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk pemasaran produk televisi. Dia mengungkapkan pada 2010 angka penjualan televisi secara nasional mencapai 852.000 unit yang kemudian meningkat tajam pada tahun berikutnya 189% menjadi 2,4 juta unit. "Kami optimistis penjualan televisi akan terus meningkat dari tahun ke tahun seiring makin terjangkaunya harga produk itu," tegasnya.

Di tempat berbeda, Senior Marketing PT Toshiba TV Media Indonesia Fransisca Maya mengungkapkan hal senada. Menurut dia Toshiba menargetkan penjualan produk terbaru mereka naik 30% untuk produk TV LCD/LED seri terbaru Power TV generasi ketiga. "Kami optimistis target penjualan itu bisa tercapai, bahkan terlampaui," ungkapnya.

Menurut dia, target penjualan itu lebih besar dari target kenaikan penjualan 2011 sebesar 25%. Dia menjelaskan, Toshiba sudah meluncurkan produk terbarunya, yakni Power TV Regza Power Booster 20 (PB20) dan Power Saver 20 (PS20) yang tampil dengan fitur andalan khas Indonesia, yakni auto signal booster yang fungsinya membantu menangkap dan memperkuat sinyal TV yang lemah sehingga menghasilkan gambar yang jernih.

Selain itu, produk Toshiba generasi ketiga ini juga dilengkapi dengan Regza Power TV PB20 dan PS20 dengan fitur unggulan "auto clean" yang dapat membersihkan dan memperbaiki sinyal TV yang biasanya sering mengalami gangguan akibat faktor-faktor luar seperti cuaca buruk dan polusi sehingga menghasilkan gambar yang bersih dan tajam.

TV LCD/LED Toshiba generasi ketiga juga memiliki "Dots Design" dengan tekstur titik-titik kecil yang menarik serta memiliki fungsi untuk mengurangi efek goresan, dengan desain "Narro Bezel" yang minimalis dan ramping, yakni 17 milimeter atau lebih ramping sekitar 60% dari bezel televisi konvensional.

Fransisca menambahkan, penjualan LCD di Indonesia memperlihatkan peningkatan namun belum signifikan, karena penjualan TV tabung masih sangat mendominasi di tahun 2010. Baru tahun 2011 TV LCD/LED mulai menguasai pasaran menggeser kedudukan penjualan TV tabung di Indonesia.

Sementara itu, Branch Manager PT Toshiba Visual Media Indonesia Welly Tjandra mengatakan, pasar TV LCD/LED Toshiba cukup potensial meskipun tergolong baru. "Dari grafik pada Juni 2011 hingga saat ini, penjualan TV Toshiba mengalami peningkatan dengan pangsa pasarnya mencapai 8% hingga 28,5%," ujarnya.

Related posts