Menkop Yakin Brand Kopi Lokal Mampu Bersaing

Menkop Yakin Brand Kopi Lokal Mampu Bersaing

NERACA

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakini saat ini, brand-brand kopi lokal mampu bersaing dengan brand-brand kopi dari luar negeri. Bahkan, kualitas dan cita rasa kopi Indonesia lebih baik dari kopi luar.

"Kita harapkan produk lokal bisa meningkat dari segi volume bisnisnya, asalkan dikonsep dengan baik maka akan memiliki value yang tinggi," kata Teten saat menghadiri acara bertajuk "Kopi Penyangga Bumi", di M Bloc Space, kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (20/1).

Untuk mendukung pengembangan kopi nasional, Teten pun mendukung aset-aset pemerintah yang idle untuk dimanfaatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu lahan itu adalah M Bloc Space yang dijadikan sebagai marketplace untuk berbagai produk, seperti kuliner, fashion, termasuk kedai kopi.

"Model seperti ini yang akan mendapatkan market yang paling bagus di kalangan anak muda, selain komersial juga edukasi untuk masyarakat," tandas Teten.

Kemudian Teten juga terus berupaya mencari lahan pemerintah yang kosong lainnya atau kurang dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan serupa. Misalnya, untuk pasar malam, desa wisata, dan sejenisnya.

Di tempat yang sama, CEO M Bloc Space serta penggagas Kopi Penyangga Bumi, Handoko Hendroyono mengatakan, M Bloc tumbuh dan berkembang karena semangat komunal, di mana brand-brand lokal hadir dan eksis. Dengan kerjasama seperti ini brand-brand lokal dipastikan bisa maju.

"Kita harus bersatu, berkolaborasi seluruh stake holder (BUMN, masyarakat dan lain-lain) untuk memajukan brand lokal," pinta Handoko.

Pihaknya juga akan terus membuat kolaborasi event-event kopi, bukan hanya di M Bloc Space, tetapi juga di banyak tempat di Jakarta Selatan. Sehingga, turis-turis asing akan banyak berwisata kopi di Jakarta Selatan dengan narasi yang berbeda.

Sementara Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan, sebagai BUMN Peruri memiliki tanggungjawab untuk memajukan serta mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupannya. "Acara Kopi Penyangga Bumi ini merupakan kolaborasi Rumah Kreatif BUMN Karawang dengan Creative Hub M Bloc, diharapkan semakin banyak BUMN maupun swasta yang tertarik berkolaborasi memajukan petani kopi di Indonesia dan menjadikan kopi Indonesia memiliki nilai jual di tingkat dunia," harap Dwina.

Peruri bersama M Bloc, tambah Dwina, sangat terbuka untuk mengakomodir kolaborasi kreatif dari berbagai komunitas dalam mewujudkan gagasan para milenial maupun industri kreatif untuk meningkatkan peran UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia. Mohar/Rin

BERITA TERKAIT

Gandeng British Council dan Kedubes Inggris, Rai Mantra Luncurkan Program English for Denpasar

Gandeng British Council dan Kedubes Inggris, Rai Mantra Luncurkan Program English for Denpasar NERACA Denpasar, Bali - Pemerintah Kota (Pemkot)…

Menanti Kerja Tim Olah-olah Wagub DKI

Menanti Kerja Tim Olah-olah Wagub DKI NERACA Jakarta - Kekosongan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta pasca ditinggalkan Sandiaga Uno yang…

Dukung Cashless, Envy Technologies Akan Rilis UN1TY

Dukung Cashless, Envy Technologies Akan Rilis UN1TY NERACA Jakarta – Emiten jasa teknologi informasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Susu Kental Manis Bukan untuk Kebutuhan Pemenuhan Gizi

Susu Kental Manis Bukan untuk Kebutuhan Pemenuhan Gizi NERACA Jakarta - Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari menegaskan…

DKP3 Kota Sukabumi Roadshow Ketahanan Pangan - Empat KK kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Mendapatkan CPP

DKP3 Kota Sukabumi Roadshow Ketahanan Pangan Empat KK kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Mendapatkan CPP NERACA Sukabumi - Dinas Ketahanan Pangan,…

OPD di Kota Sukabumi Dituntut Berinovasi - Kabid Litbang Bappeda: Hal Itu Untuk Pelayanan Masyarakat

OPD di Kota Sukabumi Dituntut Berinovasi Kabid Litbang Bappeda: Hal Itu Untuk Pelayanan Masyarakat  NERACA Sukabumi - Pemerintah Kota (Pemkot)…