Morgan Stanley Resmi Kantongi Izin Jadi AB

Neraca

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengeluarkan surat konfirmasi untuk sekuritas asing yakni Morgan Stanley terkait pengajuannya menjadi Anggota Bursa (AB). "Pihak Morgan Stanley sudah melengkapi kekurangan administrasi yang diminta oleh BEI dan mudah-mudahan sudah keluar 'confirmation letter'-nya untuk menjadi AB," kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Uriep Budhi Prasetyo di Jakarta, Selasa (17/4)

Dia menuturkan, dengan dikeluarkannya surat konfirmasi dari BEI, maka Morgan Stanley sudah dapat melakukan transaksi pada akhir bulan ini. Transaksi dapat dilakukan dengan catatan, pihak Morgan sudah membeli kursi Anggota Bursa (AB).

Selain itu, lanjut dia, setelah mendapat surat konfirmasi, BEI juga akan memberikan Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB). Morgan Stanley juga dapat mengikuti lelang yang rencananya akan digelar pada bulan Juni mendatang. Nilai buku untuk kursi AB diperkirakan sekitar Rp12 miliar.

Uriep juga mengatakan, dari 114 Anggota Bursa yang aktif di BEI, tercatat empat AB belum menyampaikan laporan keuangan 2011. Namun, Uriep masih enggan memaparkan nama keempat AB itu. Asal tahu saja, dari total 110 AB yang menyampaikan laporan keuangan, sebanyak 69 AB mencatatkan laba bersih sementara sisanya sebanyak 41 AB mengalami rugi bersih.

Menurutnya, AB yang mengalami rugi bersih pada 2011 itu diperkirakan karena adanya aturan baru mengenai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD). Sebelumnya, BEI sempat mengembalikan berkas persyaratan adiministrasi Morgan Stanley karena dinilai kurang lengkap. “Proses proses audit telah selesai kita laksanakan. Tapi, karena masih ada dokumen yang kurang dan harus dilengkapi, maka kita kembalikan ke mereka (Morgan Stanley)," ujar Uriep.

Dia juga menambahkan, pihaknya berharap kelengkapan administrasi untuk menjadi AB ini dapat dilengkapi hingga akhir April 2012. Setelah selesai mengurus kekurangan administrasi, kata Uriep, otoritas bursa lalu mengeluarkan surat konfirmasi (confirmation letter) kepada Morgan Stanley. “Setelah dilengkapi persyaratan ini, Morgan Stanley sudah dapat membeli kursi milik AB dan kami akan mengeluarkan Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB),” katanya.

Uriep menilai bahwa Morgan Stanley bisa saja menjadi AB, namun tidak seperti yang selama ini dibicarakan, yaitu Morgan Stanley akan membeli kursi AB milik PT Tiga Pilar Sekuritas. “Bisa saja bukan punya milik Tiga Pilar yang diambil, namun bisa kursi AB yang lainnya. Ini tergantung dari Morgan Staley mau beli yang punya siapa,” tukas dia. (bani)

Related posts