Eratex Djaja Konversi Utang Jadi Saham Baru

Guna menutupi masalah keuangan yang berimbas pada dihentikannya operasional perusahaa, menjadi alasan PT Eratex Djaja Tbk (ERTX) melakukan konversi utang kepada salah satu menjadi saham baru sebanyak 48.076.474 lembar saham.

Informasi tersebut disampaikan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (17/4). Untuk aksi korporasi tersebut, perseroan belum mau menyeutkan nilai utang yang dikonversi tersebut.

Dalam laporan keuangan per 31 Desember 2011, perseroan menerima opini disclaimer. Perseroan mengakui memiliki keragu-raguan karena akumulasi defisit yang mencapai lebih dari Rp62 miliar.

Beban utang perseroan 31 Desember 2011 mencapai Rp90,5 miliar diusulkan untuk dihapus dengan memanfaatkan strategi kuasi reorganisasi. Untuk sisa utang perseroan akan dibagi dalam 3 porsi utang dengan kondisi bunga dan pelunasan yang meringankan perseroan.

Langkah ini bertujuan mengurangi beban utang ke tingkat yang dapat ditanggung perseroan sehingga dapat melanjutkan usaha dan terhindar dari kebangkrutan. Saat ini nilai aset perseroan mencapai Rp210,9 miliar. Untuk total penjualan perseroan di 2011 hanya sekitar Rp3,2 miliar. (bani)

Related posts