free hit counter

Disiapkan Surat Edaran Pembebasan Tanah

Guna Lancarkan Jalan Tol

Selasa, 17/04/2012

NERACA

Jakarta--- Kementerian Pekerjaan Umum (PU) segera menerbitkan surat edaran (SE) yang ditujukan bagi panitia pengadaan tanah.  Adapun SE tersebut  guna  mendorong  pembebasan lahan, khususnya bagi ruas tol yang saat ini dalam tahap pembangunan.  “Kalau memang butuh surat edaran sebagai sosialisasi agar pembebasan tanah tetap dilaksanakan, akan diterbitkan di Kementerian PU. Tidak perlu melalui Kemenkumham,” kata Menteri PU Djoko Kirmanto di Jakarta,16/4.

Surat edaran itu menjadi pendahuluan bagi Peraturan Presiden (Perpres) turunan dari Undang- Undang (UU) No 12/2012 tentang Pengadaan Tanah untuk Pembangunan bagi Kepentingan Umum, yang belum diterbitkan.

Rencana penerbitan surat edaran itu dilakukan menyusul saat ini hampir sebagian kegiatan pembebasan tanah terhenti akibat kekhawatiran panitia pengadaan tanah telah melanggar aturan yang tertuang dalam UUTanah tersebut.

Lebih jauh kata  Djoko,seharusnya kondisi tersebut tidak terjadi karena kegiatan pengadaan tanah tetap bisa dilaksanakan dengan aturan hukum yang berlaku sebelumnya. Namun demikian, kata Djoko lagi, sebelum Surat Edaran itu diterbitkan, pihaknya akan mengevaluasi wilayah atau ruas mana saja yang kegiatan pembebasan tanahnya terhenti setelah disahkannya UU No 12/2012 tersebut. “Tujuannya agar nantinya pemerintah bisa memberikan imbauan langsung pada pemda (pemerintah daerah) atau panitia bersangkutan,untuk tetap melaksanakan kegiatan pembebasan tanah dengan menggunakan aturan lama yang berlaku selama ini,” tambahnyaNext