PGN Sumbangkan Rp 1,85 Miliar Untuk Pemkot Lampung

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mengucurkan dana bantuan senilai Rp1,85 miliar untuk pembelian tiga unit Arm Roll Truck dan unit pengolahan sampah kepada Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Direktur Keuangan PGAS Riza Pahlevi mengatakan, sumbangan fasilitas ini akan digunakan sebagai sarana kebersihan Kota Bandar Lampung. “Dalam mendukung kebersihan Kota Bandar Lampung, perseroan juga membantu kegiatan pengolahan sampah yang diwujudkan dengan memberikan dana untuk pembelian peralatan seperti mesin pengayakan sampah, mesin mixing kompos, mesin pencuci plastik dan bangunan sederhana instalasi pengolahan sampah, serta alat pendukung lainnya,” katanya dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (16/4).

Kata Riza, diharapkan dengan adanya bantuan ini bisa memberikan manfaat luas bagi masyarakat Kota Bandar Lampung dengan meningkatkan nilai guna sampah dan tentu kebersihan kota menjadi lebih baik.

Bantuan ini, lanjutnya, diharapkan dapat membuat sampah yang tadinya hanya sebagai barang tidak berguna menjadi sampah yang mempunyai nilai ekonomis. “Melalui instalasi pengolahan 3R terpadu (Reuse, Reduce, Recycle) sampah akan dipisahkan menjadi sampah organik dan unorganik yang hasilnya dapat menghasilkan kompos,”paparnya

Selain itu, limbah plastik juga akan diolah sehingga mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat dengan adanya instalasi ini. Dalam melaksanakan kegiatan ini, perusahaan Gas milik BUMN ini bekerjasama dengan mitra yang akan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk mengoperasikan mesin pengolah sampah tersebut.

Saat ini persiapan untuk pengoperasian pengolahan sampah sudah selesai dan segera beroperasi setelah diresmikan. Ke depan, lanjutnya, perseroan akan terus berupaya memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui program CSR yang dijalankan, di mana wilayah yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan kegitan ini adalah pada wilayah di sekitar operasi perusahaan. (bani)

Related posts