BTN Bidik Pensiunan PNS Jadi Nasabah - Gaet Taspen

NERACA

Jakarta - Bank Tabungan Negara (BTN) membidik kalangan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) peserta Taspen menjadi nasabah baru bank pelat merah itu. Setiap tahun, pensiunan PNS peserta Taspen bertambah sekitar 100 ribu orang. “Setiap tahun itu ada 100 ribu pensiunan baru PNS dan kita harapkan dapat 1 persen saja dari pensiunan baru itu,” kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro dalam peluncuran Tabungan BTN Batara Pensiunan di Jakarta, Senin.

Menurut Iqbal, saat ini para pensiunan peserta Taspen yang menjadi nasabah BTN sebanyak 3832 orang. Setiap bulan, para pensiunan PNS ini mengambil dana pensiunnya lewat BTN sebesar Rp 7,1 miliar.

Dana pensiunan yang disalurkan PT Taspen memang sangat besar. Pada tahun, 2011, Pemerintah mengucurkan dana pensiun sebesar Rp64 triliun untuk 2,6 juta pensiunan PNS. “Potensi untuk menjadi bank penyalur dana pensiunan masih sangat besar karena dananya sangat besar dan setiap tahun terus bertambah,” jelas Iqbal.

Iqbal Latanro menambahkan sinergi harus membawa win-win solution baik bagi Taspen dan Bank BTN. Dia mengaku, BTN melihat potensi yang sangat besar dalam pengelolaan dana para pensiunan di Indonesia melalui Taspen. Berdasarkan data tercatat, Taspen membayar uang pensiun sekitar Rp.3,7 Triliun setiap bulan. “Sinergi ini kita harapkan dapat berdampak positif pada Dana Pihak Ketiga Bank BTN dari inovasi produk tabungan bagi para pensiunan, tegasnya.

Dikatakan Iqbal, lahirnya produk Tabungan Pensiunan ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani antara Bank BTN bersama Taspen. Dalam perjanjian itu disepakati pembayaran pensiunan akan dilakukan melalui rekening khusus dengan menggunakan aplikasi eDapem atau elektronik Data Pembayaran. Selain itu para pensiunan dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan Bank BTN pada produk Tabungan BTN Batara Pensiunan.

Tabungan BTN Batara Pensiunan memberikan fasilitas lebih untuk para pensiunan antara lain saldo awal pembukaan ringan, biaya administrasi ringan, mendapatkan fasilitas kartu ATM Debit Visa yang dapat digunakan untuk bertransaksi dan belanja di seluruh mesin ATM berlogo ATM Bersama, Link, Visa, Prima dan Plus. Manfaat lainnya dapat digunakan sebagai sarana pembayaran angsuran kredit, listrik, telepon dll serta dapat digunakan sebagai syarat pengajuan fasilitas Kredit Ringan BTN Pensiunan dengan maksimal kredit hingga Rp.300juta dengan jangka waktu kredit s/d 10 tahun, suku bunga bersaing, persyaratan mudah, proses relatif cepat, dan biaya administrasi ringan.

Bank BTN telah memiliki jaringan kerja yang cukup luas yang didukung oleh 625 jaringan kantor yang terdiri dari 65 kantor cabang konvensional, 218 kantor cabang pembantu dan 342 kantor kas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Dirut PT Taspen Agus Haryanto menyatakan, kerjasama dengan BTN sangat penting dalam menyalurkan dana pensiunan. Alasannya, sampai saat ini PT Taspen baru memiliki sekitar 10.000 kantor untuk melayani juta pensiunan PNS. **kam

Related posts