Kredit Mandiri Tumbuh 25% - Pada Kuartal Pertama

NERACA

akarta---Bank Mandiri Tbk (BMRI) memperkirakan pertumbuhan kredit pada kuartal pertama 2012 tumbuh sebesar 25 persen. "Pertumbuhan kredit kuartal pertama diperkirakan tumbuh 25%. Tapi angka itu belum final karena masih dalam proses," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini di jakarta, Senin.

Zulkifli menambahkan pertumbuhan kredit perusahaan cukup baik pada tahun ini. Meski demikian, Zulkifli belum dapat mengungkapkan lebih rinci seiring laporan keuangan konsolidasi perseroan masih dalam tahap perhitungan. "Dari sisi pertumbuhan kredit bagus, selain itu kinerja yang lain juga baik. Tapi, itu akan kita konsolidasikan dari laporan keuangan, baru kita bisa sampaikan pastinya," tambahnya

Sebelumnya, dalam laporan keuangan BMRI sepanjang 2011, Bank Mandiri membukukan laba bersih senilai Rp12,2 triliun atau naik 32,60% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp9,2 triliun.

Dikatakan Zulkifli, peningkatan laba bersih ini seiring dengan pertumbuhan kredit sebesar 27,7 persen menjadi Rp314,4 triliun pada 2011, dari tahun sebelumnya senilai Rp246,2 triliun dengan rasio kredit macet (Non Performing Loan) bersih sebesar 0,52%. "Pertumbuhan penyaluran kredit itu mendorong peningkatan aset perseroan menjadi Rp551,9 triliun dari Rp449,8 triliun pada Desember 2010," ujarnya.

Dalam laporan keuangan perseroan, lanjut dia, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pada 2011 telah menyalurkan pembiayaan hingga Rp43,2 triliun dengan jumlah rekening kredit UMKM sebanyak 726.877 rekening.

Sementara untuk limit penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp7 triliun. "Perseroan terus tumbuh di semua segmen dan hal ini yang memungkinkan kredit kami pada 2012 dapat tumbuh 27,7%, lebih cepat dari pertumbuhan kredit nasional," paparnya. **cahyo

Related posts