Garap Bisnis E-Commerce, Telkom Bikin Perusahaan Patungan

Neraca

Jakarta – Bidik pasar e-commerce yang cukup luas di Indonesia, PT Telkom Tbk (TLKM) melalui anak perusahaannya PT Multimedia Nusantara (Metra) bersama eBay membentuk perusahaan patungan untuk menggarap pasar tersebut. Perusahaan tersebut diberi nama PT MetraPlasa.

Direktur Utama PT Telkom Tbk Rinaldi Firmansyah mengatakan, pendirian perusahaan patungan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan dalam menggarap pasar online di Indonesia, “Dengan kelebihan kedua perusahaan, diharapkan bisa menumbuhkan pelanggan lebih besar lagi,”katanya di Jakarta, Senin (16/4).

Asal tahu saja, Telkom sebagai perusahaan "telecommunication, information, media and edutainment" (TIME) serta "network provider" terbesar di Indonesia dan eBay sebagai perusahaan "online marketplace" terbesar di dunia sekaligus pemimpin industri "mobile commerce" dapat sinergis merebut pasar lebih luas lagi.

Kata Rinaldi, melalui kerjasama tersebut, Telkom sangat antusias bekerja sama dengan eBay untuk bersama-sama memberikan layanan 'e-commerce' terbaik melalui kemudahan akses dari pelanggan Telkomsel, sekitar 15 juta pelanggan Flexi, dan akses lain yang disediakan Telkom Group, yang memungkinkan masyarakat Indonesia dan internasional melakukan transaksi online atas produk-produk lokal, ujar Rinaldi.

Dukung UKM

Dia menambahkan, dengan transaksi ini sektor usaha kecil menengah dapat berkembang pesat melalui kemudahan akses ke pasar lokal maupun internasional. Kemitraan dengan eBay juga untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global dan memungkinkan konsumer lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi. “Kerja sama ini merupakan terobosan luar biasa bagi pelaku UKM atau siapa pun untuk berbisnis secara global dengan memanfaatkan platform eBay yang sudah terbukti berhasil,”tegasnya.

Rinaldi mengakui, alasan kerjasama perseroan lantaran keberhasilan eBay dalam menciptakan "online market" dengan transaksi jutaan per hari menggugah Telkom untuk mengikuti jejak eBay. Oleh karena itu, kemitraan itu akan sangat mendukung pemberdayaan sektor UKM di Indonesia, sekaligus menjadi solusi terhadap kendala geografis yang dihadapi pelaku UKM dalam memperluas pasarnya.

Pada saat yang sama, sektor UKM juga menghadapi kendala skala produksi dan akses untuk melakukan ekspor produksinya secara langsung, sehingga banyak pelaku UKM sangat bergantung pada perantara.

Sementara itu, Senior Vice President eBay Asia Pasifik, Jay Lee, mengatakan eBay menyambut baik kerja sama dengan BUMN telekomunikasi Indonesia ini. “Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual-beli produk lokal ke seluruh dunia, di mana pun dan kapan pun mereka inginkan,”paparnya.

Dia menuturkan, relasi yang kuat antara Telkom dengan pelanggannya di seluruh Indonesia dan pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform 'online market' yang dimiliki eBay akan mendorong peningkatan aktivitas 'e-commerce' di Indonesia.

Mengacu pada riset MarkPlus Insight, pada akhir 2011 angka pertumbuhan pengguna internat mencapai lebih dari 32 persen per tahun. Saat ini diperkirakan terdapat tidak kurang dari 55 juta pengguna internet, yang mengakses baik melalui jaringan 3G maupun "fixed broadband". Sebagai informasi, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2011 mencapai US$ 1 miliar. (bani)

Related posts