Realta Hadirkan Aplikasi Mudahkan Pengelolaan Apartemen

Realta Hadirkan Aplikasi Mudahkan Pengelolaan Apartemen

NERACA

Jakarta - PT Realta Chakradarma menghadirkan aplikasi Bimasakti untuk memudahkan pengelola apartemen yang diharapkan dapat bermanfaat tidak hanya kepada pengembang tetapi juga penghuni.

"Pengembang yang memiliki proyek apartemen di beberapa lokasi tentunya akan kesulitan untuk melakukan monitoring termasuk kalau ada keluhan dari penghuni. Lewat aplikasi ini keluhan dapat segera diterima serta ditindaklanjuti," kata Marketing Director PT Realta Chakradarma, Rizaldi Sistiabudi di Jakarta, Jumat (6/12).

Rizaldi mengatakan aplikasi ini akan menjembatani setiap keluhan dari konsumen terhadap apartemen yang dihuninya, termasuk apakah keluhan itu sudah ditangani dari pihak teknisi semua dapat dimonitor oleh pengembang maupun pengelola melalui sistem ini.

Teknologi ini, jelas Rizaldi, secara instan akan meningkatkan pelayanan, memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan, baik kepada para penghuni maupun kepada pengelola.

Rizaldi meyakinkan, akan ada perubahan yang terjadi dalam apartemen dengan menggunakan "Bimasakti as a Service: yaitu pelayanan interaktif ke penghuni melalui ponsel pintar.

"Dengan pelayanan yang terjangkau 24 jam selama 7 hari itu, dipastikan kenyamanan tetap terjaga baik dalam mengajukan permohonan (service) maupun menyampaikan keluhan (complaint)," ujar dia.

Semua dilakukan dengan proses yang cepat, mudah, dan senantiasa dapat dipantau sampai dimana progres-nya.”Begitu juga bagi penghuni yang membutuhkan akses fasilitas publik yang tersedia di apartemen, mulai dari penjadwalan sampai dengan pembayaran dapat dilakukan secara instan,” jelas Rizaldi.

Sementara bagi pengelola apartemen, imbuh Rizaldi, layanan ini akan memberikan efisiensi yang luar biasa pada proses billing atau penagihan biaya. Mulai dari proses pencatatan, penghitungan, penyebaran, pembayaran, sampai pengakuan pembayaran tidak ada yang luput dari mata rantai transformasi digital.

Dia mencontohkan, setiap awal bulan, penghuni secara otomatis akan menerima laporan melalui ponsel mereka serta reminder untuk melakukan pembayaran secara berkala.

Begitu juga pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung dan aman melalui berbagai jalur seperti kartu kredit, transfer bank, ATM, bahkan melalui dompet digital.

“Proses penagihan dan pembayaran yang lancar, adalah kunci keberhasilan pengelola gedung dalam mewujudkan hunian apartemen yang asri bagi mereka yang tinggal dan berkunjung,” ungkap Rizaldi.

Layanan ini dikembangkan bekerjasama dengan platform cloud Microsoft Azure.

Dijelaskan Agustino Djayaputera, System Development Director Realta menjelaskan, pihaknya memilih Microsoft Azure karena platform ini sangat memperhatikan security dan data integrity."Platform inilah yang banyak digunakan oleh jajaran Pemerintahan dan Lembaga-lembaga militer saat ini," ujar da.

Menurutnya dalam era digital ini, data menjadi sangat bernilai. Oleh sebab itulah, Realta sangat memperhatikan data client kami yaitu dengan menjaga agar data tersebut hanya dapat diakses secara benar dan senantiasa terjaga keberadaannya.

Di lain pihak, Linda Dwiyanti, Chief of Marketing and Operation Microsoft Indonesia menjelaskan, seiring dengan bertumbuhnya teknologi digital yang terus menawarkan peluang bagi bisnis dan organisasi di Indonesia, Microsoft hadir untuk terus membantu setiap individu dan organisasi untuk mencapai lebih melalui solusi teknologi.

“Melalui Azure, Microsoft menyediakan cloud-platform untuk mengelola data dan informasi secara sistematis, akurat serta terjamin keamanannya. Dengan menghadirkan berbagai kemudahan yang dimiliki oleh Azure, kami ingin terus membantu para pengguna untuk mengoptimalkan operasional dan memaksimalkan bisnis, termasuk dalam pengelolaan apartemen,” ujar Linda Dwiyanti.

"Belum lama ini Pemerintah provinsi DKI Jakarta merevisi berbagai peraturan pengelolaan hunian rumah susun melalui Pergub DKI no. 132 / 2018. Bagi hunian yang dilayani oleh Bimasakti, tuntutan kebijakan ini sudah dapat dipenuhi,” imbuh Rizaldi.

Sejumlah properti sudah menggunakan layanan Bimasakti as a Service, seperti PT Pollux Properti Indonesia Tbk.

Dengan layanan yang memanfaatkan teknologi dari Microsoft ini, apartemen-apartemen yang menggunakan Bimasakti dapat menurunkan biaya operasional karena sumber daya manusia yang lebih efisien dan tidak harus membeli server on-premise. Mohar/Ant

BERITA TERKAIT

Pembangunan Rumah Capai 1,25 Juta Unit

Pembangunan Rumah Capai 1,25 Juta Unit   NERACA Jakarta - Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi…

Lippo Karawaci Lepas Kepemilikan Dua Mall Senilai Rp1,2 Triliun

Lippo Karawaci Lepas Kepemilikan Dua Mall Senilai Rp1,2 Triliun   NERACA Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk melalui anak usaha Lippo…

Pemindahan Ibukota Berpengaruh ke Penjualan Rumah Mewah

Pemindahan Ibukota Berpengaruh ke Penjualan Rumah Mewah    NERACA Pontianak - Pengembang properti menilai rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan dapat berdampak…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Pembangunan Rumah Capai 1,25 Juta Unit

Pembangunan Rumah Capai 1,25 Juta Unit   NERACA Jakarta - Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi…

Lippo Karawaci Lepas Kepemilikan Dua Mall Senilai Rp1,2 Triliun

Lippo Karawaci Lepas Kepemilikan Dua Mall Senilai Rp1,2 Triliun   NERACA Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk melalui anak usaha Lippo…

Pemindahan Ibukota Berpengaruh ke Penjualan Rumah Mewah

Pemindahan Ibukota Berpengaruh ke Penjualan Rumah Mewah    NERACA Pontianak - Pengembang properti menilai rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan dapat berdampak…