THS-Auto2000 Mengambil Pasar Pertambangan

NERACA

Jakarta - Bagi para pemilik kendaraan, lokasi tambang memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari kontur tanah yang bergelombang, jarak tempuh yang panjang, hingga material yang mudah masuk kedalam mesin mobil menjadi kendala yang harus dihadapi sehari-hari. Dengan keadaan demikian, para pemilik mobil dituntut untuk melakukan servis berkala secara rutin untuk menjaga kendaraan operasional agar tetap prima. Akan tetapi, padatnya rutinitas dan jarak yang harus dilalui untuk mencapai bengkel menjadi hambatan lain.

“Kendaraan operasional tambang itu jam terbangnya tinggi. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan servis itu tidak bisa lama. Oleh karena itu, kami memperluas jangkauan layanan THS-Auto2000 Home Service hingga ke lokasi-lokasi tambang ini agar memudahkan para pelanggan,” kata Ahmad Adzkiya selaku Kepala Bengkel Auto2000 Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Azki menambahkan hingga saat ini THS-Auto2000 Home Service memiliki 20 unit yang tersebar di Kalimantan. Beberapa ditempatkan pada service point yang berada di remote area. Untuk melayani pelanggan Toyota di Kalimantan, THS-Auto2000 Home Service menyediakan dua tipe mobil yakni Avanza dan Hilux D-Cab.

“Khusus untuk pelanggan yang berlokasi di medan berat seperti tambang batu bara, minyak bumi, atau sawit, kami sediakan unit Hilux D-Cab. Spesifikasi mesin hingga part-nya ini sesuai untuk digunakan pada lokasi demikian,” kata Azki.

Pada praktiknya, masalah yang dihadapi oleh para pemilik mobil di lokasi-lokasi ini adalah mesin dengan tarikan yang berat atau low power. Biasanya hal itu terjadi karena udara yang kotor atau material tambang yang masuk dan mengganggu kinerja mesin. Untuk mengakomodir masalah ini, THS-Auto2000 Home Service pun kerap melakukan kunjungan rutin per dua bulan dan menyediakan stock part seperti filter udara, solar, sehingga ketika ada keluhan mengenai ini bisa ditangani secara efektif.

PT Mitra Indah Lestari (MIL), kontraktor di bidang pertambangan batu bara yang berlokasi di Sungai Siring,Samarinda, Kalimantan Timur, adalah salah satu pelanggan setia Auto2000. Untuk urusan servis berkala, Agus Mahaladi selaku Site Manager MIL mengatakan adanya THS-Auto2000 Home Service memudahkan perusahaan untuk menangani masalah pada kendaraan operasional.

“Kami pakai 10 Hilux tipe 4x4 untuk operasional. Kalau ada masalah tinggal panggil THS-Auto2000 Home Service saja. Beres. Kadang kami tidak ada waktu untuk pergi keluar site tambang. Pokoknya, di Auto2000 urusan Toyota lebih mudah,” kata Agus di kantornya, Sungai Siring, Samarinda, Kalimantan Timur.

Agus menambahkan bahwa unit kendaraan Hilux yang dipakainya punya spesifikasi yang sesuai dengan medan tambang. Bahkan, salah satu kendaraannya ada yang sudahberumur10 tahun dan masih beroperasi seperti biasanya.

Sampai saat ini, Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia telah memiliki 8 cabang yang tersebar di berbagai daerah di pulau Kalimantan di antaranya adalah Balikpapan Sudirman, Balikpapan MT Haryono, Samarinda, Bontang, Sangatta, Pontianak, Banjarmasin, dan satu bengkel Body and Paint yang berlokasi di Balikpapan. Ditambah pula 11 service point dan 2 bengkel Body And Paint yang dilengkapi fasilitas perawatan dan perbaikan kendaraan untuk remote area.

Seekedar catatan, ekonomi wilayah Kalimantan Timur didominasi oleh usaha pertambangan, perkebunan, serta sektor infrastruktur. Beberapa tahun ke belakang, ekonomi sempat mengalami perlambatan karena kondisi pertambangan batubara yang menurun, tetapi saat ini kembali bangkit yang ditandai dengan mulai banyaknya pembelian unit kendaraan komersial di wilayah Kalimantan Timur.

Hal ini lantaran pengumuman ibu kota baru di wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, membawa pengaruh positif untuk ekonomi lokal. Salah satunya pasar kendaraan di wilayah Balikpapan.

BERITA TERKAIT

Kemendag Menggandeng Swasta dan Masyarakat Hadapi Ekonomi Global

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng seluruh unsur pemerintah, swasta, dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia harus diperkuat dalam menghadapi…

Kementan Berharap Gratieks Bisa Mendorong Sektor Ekonomi

NERACA Jakarta‐ Gerakan ekspor tiga kali lipat (Gratieks) yang dilaksanakan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam waktu singkat diharapkan dapat mendorong sektor…

Kemendag Musnahkan 10.430 Regulator Tekanan Darah Tidak Sesuai SNI

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), memusnahkan 10.430 produk regulator tekanan…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Naikkan Harga BBM, SPBU Asing Diduga Langgar Kepmen ESDM

Jakarta-SPBU asing seperti Shell dan Total diduga menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Akibatnya, harga BBM di SPBU asing tersebut…

Pemerintah Melakukan Lintas Kementerian Menuju Pertanian Mandiri

NERACA Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk menciptakan ketahanan pangan salah satunya yaitu dengan menjalin kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian…

Persiapan WTO, Kemendag Lobi Menteri WTO

NERACA Jakarta – Pada hari etrakhir dalam World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss Kementerian Perdagangan melobi beberapa menteri yang…