Ralali Kargo Pangkas Biaya Logistik UMKM

Jakarta - Meski terus dihantam pelaku usaha ritel modern yang memiliki modal lebih besar dan lokasi yang lebih strategis, pelaku UMKM seperti warung tradisional tetap menjadi favorit bagi masyarakat untuk melakukan transaksi, karena dianggap mudah dijangkau dengan harga yang biasanya tak kalah ekonomis. Di sisi lain, warung tradisional kerap mengalami sekelumit persoalan karena dampak dari distribusi barang atau supply chain. Para retailer seperti toko grosir dan warung tradisional sering kali mendapatkan barang dengan harga yang lebih mahal, karena memperoleh barang dari tangan ketiga dan seterusnya.

NERACA

Belum lagi persoalan distribusi logistik yang pastinya membutuhkan biaya lebih, seperti tenaga antar dan transportasi barang, sehingga produk yang diterima sudah mengalami kenaikan dari tambahan biaya lainnya.

Ralali.com memanjakan pelaku UMKM, termasuk warung tradisional dan grosiran, dengan memberikan kenyamanan transaksi dan layanan berbasis teknologi terdepan. Ketersedian stok usaha lengkap dan terkurasi sesuai kebutuhan berbagai macam usaha, kualitas produk yang ada di aplikasi Ralali.com terjamin serta harga yang transparan layanan fintech untuk pengembangan usaha dan layanan logistik untuk perluasan usaha, semua terus dikembangkan demi kepuasan pelaku UMKM.

“Biasanya pemilik warung itu mengeluhkan ketersediaan produk dan cara pembayaran. Keresahan di lapangan kami respon dengan menyediakan beragam jenis produk dari sejumlah principal besar yang terpercaya. Ditambah dengan kemudahan pembayaran seperti bon gantung bagi Sahabat Ralali.com (pembeli) yang melakukan pemesanan ulang di aplikasi Ralali.com,” jelas VP of Business & Transformation Ralali.com, Raditya Danu Wardhana, dalam rilisnya di Jakarta, kemarin.

Sebagai B2B platform, Ralali.com saat ini memfokuskan diri untuk membantu para pelaku ritel grosir dan warung tradisional melalui lini bisnis BIG (Business Innovation Group) Mart yang memfokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dan 3C (Computer, Communications, & Consumers Electronics). Berbagai produk dengan harga bersaing dari principal seperti RoseBrand, OT Store, Mayora, P&G, MEG Cheese, BULOG, Canon, SHARP hingga EPSON tersedia di dalam aplikasi Ralali.com.

Dengan membentuk tim yang bekerja offline-to-online (O2O), Ralali.com dapat lebih menjangkau warung dan grosiran melalui edukasi, asistensi dan literasi digital untuk bertransaksi di Ralali.com secara langsung. Cara yang dilakukan tim BIG Mart juga berbeda dengan sales marketing pada umumnya. Tim BIG Mart melakukan pendekatan (canvassing) dengan menanyakan kendala dan masalah yang dihadapi warung-warung tersebut. Cara ini lebih efektif ketimbang menawarkan produk secara langsung.

"Tidak hanya itu, Ralali.com juga memberikan pilihan kenyamanan pengiriman barang usaha dengan Ralali Kargo, layanan logistik siap antar beragam produk dari Seller Ralali ke pelaku usaha grosir dan warung-warung tradisional", ucap Danu. 

Kehadiran Ralali Kargo ini mampu memangkas biaya logistik dan memperluas akses jangkauan. Ralali Kargo bekerjasama dengan vendor logistik yang tersebar di berbagai daerah sehingga pengiriman barang secara berkala dan rutin untuk kebutuhan usaha seperti restoran, kafe, toko grosir hingga warung kelontong dapat sampai tepat waktu.

“Lebih cepat, lebih hemat. Itu yang kami komitmenkan. Dengan layanan Ralali Kargo, operasional tidak terpusat di kota saja melainkan ke berbagai daerah se-Indonesia sampai yang kurang dapat dijangkau sebelumnya, barang langsung diantar ke warung dalam waktu 2-3 hari setelah pemesanan,” kata Danu.

Sekarang, lanjut Danu, Fullfiment Center (pusat pengiriman logistik) Ralali.com sudah ada di 25 kota di Indonesia, dimulai dari Jakarta lalu Bandung dan akan diperluas 2 kali lipat untuk menjangkau kota-kota lain dalam waktu dekat.

Agar terus dekat dan menjawab kebutuhan UMKM, Ralali.com tidak hanya menawarkan berbagai solusi usaha melalui BIG Mart-nya namun juga terjun langsung ke lapangan dengan 300 ribu agent yang tergabung dalam platform BIG Agent. “Mereka yang bertugas mengedukasi, mempromosikan dan menawarkan barang usaha sesuai kebutuhan pelaku ritel hingga warung-warung kelontong sampai pelosok Indonesia. Saat ini, Sobat Agent kami mendominasi Banyumas, Pekanbaru, Padang, Lampung, Jogjakarta, Mojokerto, Cirebon, Semarang, Cianjur, Jombang, Surabaya dan akan terus berkembang pesat", jelas Danu.

Saat ini, Ralali telah menjangkau 93% area tingkat kecamatan se-Indonesia. "Jelas, ekspansi Ralali.com untuk menjangkau pelaku usaha ritel ini tidak lepas dari kontribusi aktif para seller dan agentnya", pungkas Danu.

BERITA TERKAIT

Puluhan Ton Tuna Loin Beku Rutin Di Ekspor ke Vietnam

NERACA Morotai – Karantina Maluku Utara kembali memfasilitasi ekspor tuna loin beku sebanyak 25 ton tujuan Vietnam melalui Satuan Pelayanan…

Libur Lebaran Dorong Industri Parekraf dan UMKM

NERACA Jakarta – Tingginya pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang besar terhadap industri…

Permendag 36/2023 Permudah Impor Barang Kiriman Pekerja Migran Indonesia

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor memberikan kemudahan serta…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Puluhan Ton Tuna Loin Beku Rutin Di Ekspor ke Vietnam

NERACA Morotai – Karantina Maluku Utara kembali memfasilitasi ekspor tuna loin beku sebanyak 25 ton tujuan Vietnam melalui Satuan Pelayanan…

Libur Lebaran Dorong Industri Parekraf dan UMKM

NERACA Jakarta – Tingginya pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang besar terhadap industri…

Permendag 36/2023 Permudah Impor Barang Kiriman Pekerja Migran Indonesia

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor memberikan kemudahan serta…