Pabrik FeNI II Antam Mulai Beroperasi

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mulai mengoperasikan kembali pabrik FeNi II di Pomalaa, Sulawesi Tenggara. Pengoperasian kembali pabrik FeNi II ditandai dengan dimulainya switch on pabrik. "Optimasi pabrik FeNi II dilaksanakan lebih cepat dari jadwal dengan estimasi biaya lebih kecil dari anggaran sebesar Rp187 miliar yang sebagian besar didanai oleh penerbitan obligasi Antam di akhir 2011,”kata Direktur Utama Antam Alwinsyah Lubis dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (12/4).

Menurut Alwinsyah, setelah dilakukan switch on pabrik ini, beban listrik akan ditingkatkan secara bertahap hingga pengoperasian beban penuh pada Mei 2012. Optimasi pabrik FeNi II, dilanjutkan Antam, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan tingkat keselamatan operasional pabrik.

Dia menuturkan, optimasi pabrik FeNi II merupakan rangkaian dari peningkatan efisiensi dan keselamatan operasional pabrik Antam. Menyusul optimasi pabrik FeNi II, perseroan juga akan melakukan proyek modernisasi dan optimasi pabrik FeNi I yang mencakup pembangunan PLTU berkapasitas 2x30 megawatt (mw), peningkatan kapasitas pabrik FeNi dan pembangunan rotary.

Selain melakukan switch on pabrik Feni II, Antam juga direncanakan memasang Gas Cleaning Technology seperti yang sudah dipasang di Furnace-3 yang akan menurunkan tingkat emisi pabrik FeNi II. "Dengan optimasi pabrik FeNi II, target produksi feronikel Antam di 2012 tetap seperti rencana semula yakni 18 ribu ton nikel (dalam feronikel)," tandasnya. (bani)

Related posts