Kembangkan Bisnis, Garuda Gunakan Media Sosial

PT Garuda Indonesia Tbk. mulai mengembangkan sayap bisnisnya dengan merambah bisnis media sosial yang rencananya akan direalisasikan tahun ini. Bisnis ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan binsis baik personal brand ataupun business bran. "Kami memang masih terbelakang. Namun, tahun ini baru kita mulai," kata Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar di Jakarta, Kamis.

Dia menuturkan, media sosial seperti Facebook dan Twitter memang belum digunakan oleh beberapa direksi Garuda, termasuk dirinya. "Namun, saya masuk ke Facebook dan terkejut ternyata nama saya dan direksi lain ada. Saya coba menghapus, kemudian muncul lagi," tuturnya.

Kendati demikian, lanjutnya, Garuda sudah mempersiapkan infrastruktur untuk media sosial tersebut. Garuda Indonesia pernah dinobatkan sebagai "Indonesia Most Favorable Brand in Social Media" pada 2012.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah mengutarakan Telkom sudah terlebih dahulu masuk ke ranah media sosial, yang meliputi media sosial marketing dan compliance. Bagi Telkom, pengguna media sosial mayoritas adalah anak-anak muda. "Pada saat yang bersamaan, media sosial itu juga musuh kita karena mereka menggunakan produk Telkom tapi tidak memberikan 'sharing revenue'," ucap Rinaldi.

Kendati demikian, Telkom tetap membutuhkan media sosial sebagai alat untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, media sosial bagi beberapa kalangan turut menghasilkan keuntungan bagi mereka sepanjang digunakan dengan baik dan kreatif.

Wakil Direktur Utama BNI Felia Salim menyebutkan pengguna Internet terbesar dunia adalah Asia, yang didukung populasi yang banyak pula. Untuk Indonesia, pengguna Internet masih dikuasai oleh Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, dan Banjarmasin."Tren penggunaan media Internet di dunia semakin meningkat tiap tahunnya dan Indonesia menempati urutan ke empat," tuturnya.

Hal ini membuktikan iklim demokrasi di Indonesia baik dan diikuti dengan sebagian orang ingin tampil. (bani)

Related posts