Lembaga Pengelola Dana Bergulir - LPDB Beri Penghargaan Bagi Mitra KUMKM Berorientasi Ekspor

NERACA

Batam - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM memberikan penghargaan kepada mitra KUMKM yang hasil produknya mampu menembus pasar global atau berorientasi ekspor. Diantaranya, UD Nagata Tuna (asal Banda Aceh, yang melakukan ekspor ikan tuna ke Jepang, Singapura, dan Malaysia).

Kemudian, UKM Syukestek (asal Pekalongan, Jateng, ekspor batik ke Malaysia dan Afrika), CV Rajawali Perkasa Furniture (Pati, Jateng, yang ekspor produk mebel ke Australia, Selandia Baru, dan Eropa), CV Dharma Siadja (Gianyar, Bali, ekspor produk handicraft ke Amerika), CV Kipas Srikandi (Pakalongan, Jateng, ekspor kipas ke Italia), Koperasi Qiradh Baburrayyan (Aceh Tengah, ekspor kopi ke Amerika), KSU Sara Ate (Aceh Tengah, ekspor kopi), Perusahaan Tenun Kusuma Tex (Solo, Jateng, ekspor batik), dan CV Laut Jaya (Kabupaten Belitung, Babel, ekspor tangkapan hasil laut).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Direktur Utama LPDB KUMKM Braman Setyo, disaksikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan, di sela-sela acara Sosialisasi dan Bimtek Dana Bergulir LPDB KUMKM, di Kota Batam, Kepulauan Riau, beberapa hari lalu.

"Kementerian Koperasi dan UKM mentargetkan menciptakan 5.000 UMKM berorientasi ekspor hingga tahun 2024 mendatang. Intinya, kita akan memberikan pembiayaan dana bergulir bagi UMKM berorientasi ekspor. Untuk itu, kita akan meningkatkan kerjasama dengan berbagai stakeholder, seperti dinas koperasi dan UKM di daerah, Kadin, Hipmi, dan sebagainya", kata Braman.

Braman mengakui, untuk menciptakan UMKM ekspor, pihaknya bekerjasama dengan banyak komunitas atau eksosistem bisnis. Misalnya, dengan komunitas perajin jaket kulit di Garut, produk alas kaki Cibaduyut, dan sebagainya. "Itu yang akan menjadi prioritas kami ke depan. Dan lebih bagus lagi bila komunitas-komunitas itu sudah berbentuk koperasi. Kita akan biayai koperasi tersebut untuk membantu permodalan UKM yang menjadi anggota koperasi", tukas Braman.

Selain target menciptakan UMKM ekspor, lanjut Braman, pihaknya juga akan membantu mewujudkan target UMKM naik kelas. Dari usaha mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan seterusnya. "Targetnya, minimal 2% dari total jumlah UMKM yang ada setiap tahunnya naik kelas", ucap Braman.

Selain itu, Braman menambahkan, target Kemenkop dan UKM dalam modernisasi koperasi juga akan menjadi bagian langkah kerja LPDB KUMKM. "Saya akui, masih banyak koperasi yang belum menggunakan teknologi dalam operasionalnya. Ke depan, itu akan menjadi salah satu syarat bagi koperasi yang akan mengakses dana bergulir dari LPDB KUMKM. Artinya, koperasi yang mendapat dana bergulir harus sudah menggunakan teknologi", papar Braman.

Dalam kesempatan yang sama, pemilik UD Nagata Tuna asal Banda Aceh, Muslim Fahmi, bercerita bahwa dirinya mulai terjun ke bisnis ikan tuna sejak 2012 ketika temannya yang asal Medan (Sumut) memberinya peluang untuk mengisi permintaan ikan tuna di Singapura. "Saat itu, saya belum memiliki badan hukum. Ikan tuna dari Aceh saya kirim ke Batam. Dari Batam baru masuk ke Singapura melalui pihak ketiga atau traider", kenang Muslim.

Karena volume permintaan ikan tuna dari Singapura semakin meningkat, pada 2013, Muslim pun membuat perusahan berbentuk badan hukum UD (Usaha Dagang). "Setelah mengurus lengkap segala perijinan untuk ekspor, saya bisa kirim ikan tuna langsung ke Singapura melalui bandara Sultan Iskandar Muda", kata Muslim.

Meski bisnisnya terus berkembang, aku Muslim, pada akhir 2013 tidak ada pihak perbankan yang mau mengucurkan kredit ke usaha ikan tunanya. "Saya ditolong orang untuk mengakses dana bergulir dari LPDB KUMKM, namun juga gagal. Baru pada tahun 2014, saya mendapat permodalan dana bergulir dari LPDB KUMKM sebesar Rp1 miliar. Jujur saja, saya mendapat dana bergulir itu karena produk saya berorientasi ekspor", jelas Muslim.

Dengan dana bergulir sebesar itu, Muslim pun memperkuat usahanya dengan membangun co-storage dan sarana pembekuan ikan. "Ekspor saya pun meningkat dan mulai masuk ke pasar Malaysia dan Jepang, selain ke Singapura, dengan total nilai ekspor sekitar Rp5 miliar setahun", ucap Muslim yang sudah memiliki karyawan tetap sebanyak 10 orang, di luar karyawan tidak tetap.

Selain Muslim, Ketua Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan, Rizwan Husin, tak mau ketinggalan. Koperasi asal Aceh Tengah dan Beneur Meriah (Provinsi Aceh) tersebut kini eksis di sektor ekspor perdagangan biji kopi (green bean jenis arabica) ke Amerika Serikat. "Koperasi ini berdiri pada 2002 dengan bidang usaha simpan pinjam, atau semacam microfinance. Namun, karena adanya konflik bersenjata di Aceh, koperasi pun vakum dan berhenti beroperasi", ungkap Rizwan.

Usai konflik, Rizwan kembali merintis operasional koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan kembali berjalan dengan bidang usaha sektor riil, yaitu komoditas kopi. "Dengan jumlah anggota sebanyak tujuh ribu orang, yang 5.500 orang diantaranya adalah petani kopi, usaha perdagangan kopi kami terus meningkat", kata Rizwan.

Pada 2013, kata Rizwan, pihaknya mendapat kucuran dana bergulir dari LPDB KUMKM sebesar Rp2 miliar yang telah dilunasi pada 2015. (Rin)

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…