Kunci Indonesia Maju, Lawan Hoax dan Radikalisme!

Oleh : Friska Anastasia, Penggiat Gerakan Literasi Terbit

Keberadaan berita hoax dan pemyebaran paham radikal belakangan ini bisa mendatangkan masalah dan berbuntut panjang. Bahkan, peredaran dan oenyebaranya yang masif cukup meresahkan masyarakat serta dapat menghancurkan pundamental dan sendi-sendi kebangsaan kita, yang pada akhirnya hancurnya bangsa Indonesia yang terpecah belah.

Jika tidak ada kehati-hatian, masyarakat dan khsusunya warganet pun dengan mudah termakan tipuan hoax dan rayuan gombal propaganda radikal tersebut bahkan ikut menyebarkannya, tentunya akan sangat merugikan bagi stabilitas persatuan dan kebangsaan kita.

Maka dari itu dibutuhkan gerakan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar lebih bijak dan waspada dalam mencerna informasi dan bahayanya paham radikal serta dapat aktif memposting konten positif yang menumbuhkan optimisme serta rasa persatuan demi menangkal hoax, propaganda negatif dan penyebaran paham radikal untuk suksesnya Pembangunan Nasional yang sedang giat dilaksanakan oleh Pemerintahan 5 tahun kedepan ini guna menuju cita-cita Indonesia Maju.

Demi suksesnya gerakan melawan hoax dan penyebaran radikalisme untuk menjamin terwujudnya keberlangsungan pembangunan nasional, maka hanya diperlukan beberapa cara sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli serta tidak tertipu propaganda radikalisme.

Di antaranya adalah masyarakat atau warganet tidak boleh mudah terpancing dengan judul-judul yang terprovokatif. Pasalnya berita hoax dan propagamda radikalisme seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif dan membius serta cermati alamat situs atsu media tersebut , apabila berasal dari situs atau media yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan dan menyesatkan.

Sebab itu peran masyarakat , insan media dan kalangan warganet diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap tumbuhnya rasa optimisme bangsa dari berbagai pemberitaan, opini dan konten-konten yang dapat mensukseskan berbagai program pembangunan nasional karena ranah media khususnya media sosial maupun media alternatif lainnya terbukti menjadi penggerak utama dalam menghasilkan beragam opini.

Meski pada dasarnya kita tidak sama tapi kita harus berkerja sama mendukung kepemimpinan nasional yang terpilih secara demokratis dan konstitusional demi suksesnya pembangunan nasional 5 tahun mendatang untuk menggapai cita-cita Indonesia maju.

Pada dasarnya saya, kamu, kita semua bisa jadi pahlawan di zaman ini yaitu dengan ikut berkontribusi dengan cara kreatif dan positif demi wujudkan kemajuan bangsa.

Mari kita jaga ikatan kebangsaan kita, keberagaman nusantara kita serta perasaan senasib kita untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangankan dan diperebutkan oleh para pahlawan kusuma bangsa dengan bersatu melawan hoax dan radikalisme demi mewujudkan kemajuan bangsa yang damai dan sejahtera.

BERITA TERKAIT

Aturan Bermedsos Tak Langgar Kebebasan Berpendapat ASN

Oleh :  Andhika Binangkit, Pengamat Sosial Politik   Surat Keputusan Bersama (SKB) 11 Menteri yang diantaranya mengatur cara bermedia sosial…

Pemerintah Tegas Memerangi Korupsi

Oleh : Rahmat Kartolo, Pemerhati Sosial Budaya     Ketegasan pemerintah dalam memerangi korupsi tidak perlu diragukan. Saat ini, Presiden…

Tantangan Kepemimpinan BUMN Menyongsong Tahun 2020

  Oleh: Viraguna Bagoes Oka,  Mantan Direktur Pengawasan BI dan Pengajar Magister Kajian Stratejik (KSI)-UI   Di tengah situasi ancaman…

BERITA LAINNYA DI OPINI

Merajut Asa Pejuang Ekonomi Bangsa

Oleh: Lydia Nurjanah,  Analis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bank Wakaf Mikro (BWM) sudah berusia 2 tahun lebih. Sejak diresmikan pertama…

Program Debirokratisasi dan Deregulasi Demi Perbaikan Pelayanan Publik

  Oleh : Bagus Ramadhan, Pengamat Ekonomi   Dukungan terhadap rencana pemangkasan birokrasi dan penyederhanaan regulasi Pemerintah mulai berdatangan. Hal…

Pemerintah Serius Menangani Radikalisme

  Oleh : Edi Jatmiko, Pemerhati Sosial Politik   Pemerintahan dibawah naungan Presiden Jokowi menegaskan akan meningkatkan keseriusannya dalam menangani…