Pergi Berliburan dengan Nyaman dan Efisien

NERACA

Boros kadang bukan karena menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak tepat, namun boros sebetulnya lebih disebabkan oleh tidak adanya perencanaan dalam mengatur keuangan. Begitu pula dengan berlibur, tanpa perencanaan yang tepat, liburan akan terasa sangat sia-sia dan hanya membuang-buang waktu dan uang.

Perencanaan liburan itu sendiri memang seharusnya sudah dibuat dari jauh-jauh hari. Terkadang hal ini yang kurang diperhatikan oleh banyak orang. Perencanaan liburan yang tepat akan membuat liburan berjalan dengan indah, kita pun tidak akan membuang-buang uang dengan percuma, tidak perlu kehabisan uang karena pemesanan tiket alat transportasi yang dadakan, tidak perlu kekurangnya perlengkapan yang harus kita bawa jadi tidak perlu beli dilokasi kita liburan, dan tidak perlu menghentikan liburan ditengah-tengah waktu liburan karena kehabisan uang akibat tidak tahu lokasi yang tepat untuk berbelanja atau membeli makan di tempat tujuan liburan.

Karena itu, sangatlah penting kita merencanakan liburan dari jauh-jauh hari agar tidak bingung saat liburan tiba, alhasil liburan pun harus terbuang percuma karena tidak tahu mau kemana. Dalam merencanakan liburan salah satunya memilih waktu yang tepat, untuk pelajar dan mahasiswa mungkin semuanya sudah diatur oleh kampus atau sekolah waktu liburannya, namun untuk pekerja biasanya memilih sendiri waktu cutinya. Memilih waktu cuti pun tidak gampang, selain harus bernegosiasi oleh kebijakan kantor, waktu cuti pun harus direncanakan dari jauh-jauh hari, rencanakan waktu cuti anda berbeda dengan liburan kuliah atau sekolah, jadi saat tiba di tempat wisata tidak perlu berdesak-desakan yang akhirnya menikmati obyek wisatanya tidak terlalu maksimal dan liburan tidak berjalan efektif.

Untuk mahasiswa atau anak sekolah sendiri usahakan liburan dimaksimalkan diakhir atau awal liburan, biasanya pada akhir dan awal liburan, sebagian obyek wisata masih sepi, karna sebagian orang masih sibuk untuk merencanakannya. Tujuan liburan pun harus ditetapkan dari jauh-jauh hari, semakin kita tahu tempat yang akan kita datangi maka akan semakin siap liburan kita. Sebaiknya kita mencari tahu tempat yang ingin kita datangi sebelum liburan, mencari segala informasinya, dari harga penginapan, harga makanan, kebudayaannya, jadi kita tidak kaget dan tidak terlihat seperti orang baru saat tiba di tempat kita berlibur, jadi kita pun tidak mudah dibohongi.

Pemilihan alat transportasi yang tepat akan membuat efektif waktu liburan kita, namun harus kita imbangi juga dengan budget yang ada. Upayakan memesan tiket dan tempat penginapan dari jauh-jauh hari, terkadang bila dipesan dari jauh-jauh hari kita bisa mendapatkan harga yang murah dan ini menghindarkan kita dari kehabisan tiket atau kehabisan penginapan, hal ini dilakukan bila kita tidak menggunakan kendaraan pribadi atau tidak memiliki tempat tinggal ditempat liburan yang akan kita tuju. Memiliki peta daerah yang kita kunjungi memang terlihat tidak penting, namun hal ini ternyata sangat penting, saat tersasar kita tahu harus kemana, kalaupun masih kurang paham, kita masih bisa bertanya.

Setelah pemilihan alat transportasi, lanjut langsung dengan peralatan yang seharusnya kita bawa, tadi udah kita bahas salah satunya adalah peta. Pentingnya informasi terhadap daerah yang mau kita datangi sangat penting, dan ini sangat berhubungan dengan perlengkapan yang akan kita bawa. Membawa dokumen-dokumen seperti passport bila ingin berpergian keluar negri, setidaknya bila didalam negri kita wajib membawa identitas diri. Membawa obat-obatan pribadi juga menjadi sangat penting, karena kita tidak tahu apakah ditempat yang kita datangi ada yang menjual obat-obatan khusus kita.

Memang tidak ada syarat-syarat khusus dalam merencanakan liburan, namun mengenali daerah yang akan kita datangi adalah salah satu bagian penting sebelum kita berlibur, dengan begitu kita dapat mengerti kebiasaan juga kultur masyarakat dan lingkungan yang akan kita datangi. Dan merencanakan liburan dari jauh-jauh hari merupan suatu yang sangat baik, karena semuanya butuh rencana dan waktu untuk mengaturnya.

Related posts