Modernisasi Armada, Garuda Tambah 11 Unit Airbus A330

NERACA

Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menambah 11 unit pesanan Airbus A330. Pesawat A330 jenis 300 dengan tipe widebody (berbadan besar) ini dipesan guna memodernisasi maskapai penerbangan plat merah itu.

Presiden dan CEO Garuda Indonesia Emirsyah Satar, mengatakan pembelian pesawat baru ini merupakan bagian dari revitalisasi Garuda. "Ini pembelian baru," katanya di Jakarta, Rabu (11/4). Dia mengaku A330 ini merupakan pesawat yang menarik bagi penumpang. Pasalnya, Garuda mampu menawarkan biaya kursi-per-mil yang rendah.

Dia juga menegaskan, kontrak pemesanan Airbus A330 sudah resmi disepakati dengan Airbus. Bahkan ini disaksikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono beserta Perdana Menteri Inggris, David Cameron yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Ini merupakan ketiga kalinya Garuda Indonesia memesan A330 sejak Juli 2010. Maskapai milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, sekarang memiliki total 21 pesawat dalam pemesanan pasti, untuk dikirimkan di masa mendatang. Semua pesawat pesanan Garuda ini akan ditenagai oleh mesin Rolls-Royce Trent 700.

Pesanan Garuda Indonesia ini, akan menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 700. Dengan jarak terbang extended range dan beban maksimum 235 ton, Garuda Indonesia akan mengoperasikan A330-300 untuk rute Jakarta-Denpasar serta sejumlah negara Asia, Timur Tengah dan Pasifik. Sebelumnya, Garuda telah mengoperasikan 14 pesawat A330. Pesawat jenis tersebut terdiri dari delapan unit A330-200 dan enam unit A330-300.

“A330 telah terbukti menjadi elemen utama dalam kesuksesan program revitalisasi GarudaIndonesia. Ini menjadikannya cocok untuk armada kami dan akan disukai oleh penumpang Garuda Indonesia,” terang Emirsyah

Sementara itu, di kesempatan berbeda, Executive Vice President, Programmes Airbus Tom Enders mengaku kemitraan dengan Garuda Indonesia sebenarnya sudah berlangsung lama. Dia mengklaim A330 unggul karena memakan biaya operasional yang rendah.

“A330 adalah pesawat yang memimpin di kelasnya. A330 menawarkan tingkat keterandalan yang telah teruji dan biaya operasional yang rendah. Kombinasi hal-hal ini menjadikannya pilihan yang diminati oleh banyak maskapai di dunia, dan akan membantu Garuda Indonesia mewujudkan potensinya sebagai maskapai internasional yang premium,” ujar Enders.

Pesawat bermesin ganda A330 adalah salah satu pesawat widebody yang paling banyakdigunakan saat ini. Airbus telah mencatat hampir 1,200 pesanan untuk beragam versi daripesawat A330, dan lebih dari 800 pesawat sedang dioperasikan oleh 90 perusahaanpenerbangan di seluruh dunia. Di samping pesawat penumpang dan kargo, A330 jugatersedia dalam varian VIP dan transportasi/tanker militer.

Related posts